Tanpa Sertifikat, Pengadaan Sapi di Konut Disorot – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Konawe Utara

Tanpa Sertifikat, Pengadaan Sapi di Konut Disorot

Rasmin Kamil

KENDARIPOS.CO.ID — Pengadaan bibit sapi yang disalurkan melalui sumber pembiayaan dana desa, dipersoalkan. Banyak informasi dari masyarakat masuk di meja Komisi I DPRD Konawe Utara (Konut) yang menganggap pengadaan sapi tidak memiliki sertifikasi.

“Ada lima sampai enam desa yang sudah dilaporkan pada kami terkait pengadaan bibit sapi karena tak memiliki sertifikasi,” ujar Ketua Komisi I DPRD Konut, Rasmin Kamil, di ruang kerjanya, senin(7/8). Akibatnya, pengadaan sapi yang dialokasikan untuk pemberdayaan masyarakat banyak yang mati karena tak ada jaminan kesehatan hewan tersebut.

“Ada dua hal yang harus diperhatikan. Bagaimana pengadaannya, karena itu juga berkaitan dengan kesehatan, apakah memenuhi syarat pengambilan sapi. Makanya harus ada pelibatan instansi teknis. Kemudian sertifikasi tempat pembibitan, termasuk usia sapi. Jangan sampai yang diadakan masih menyusui hingga berakibat ternak banyak mati. Itu juga harus dilihat,” ujar Ketua DPC PKB Konut itu.

Terkait dugaan mark-up anggaran pengadaan sapi, kepala desa diminta profesional. Jangan sampai pengadaan sapi yang dianggarkan mencapai Rp 7 juta sementara kondisi fisik hanya seharga Rp 4,5 juta. “Makanya saya meminta kepala desa agar dalam pengelolaan anggaran benar-benar profesional dan proporsional. Pendistribusian sapi yang diadakan juga tak menimbulkan masalah. Jangan pendekatan dukung mendukung yang diutamakan. Karena bukan pendukung, maka tidak diberikan bantuan sapi. Itu juga tak boleh,” sorot Rasmin Kamil.

Ia mengaku sudah ada beberapa kepala desa yang dipanggil terkait persoalan tersebut. Namun yang bersangkutan belum menghadiri panggilan dewan. “Pengawasan kita masih berjalan,” ucapnya. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top