Lewat Jalur Tikus, TKI Ilegal Asal Muna Capai Ribuan Orang – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Muna

Lewat Jalur Tikus, TKI Ilegal Asal Muna Capai Ribuan Orang

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakretrans) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), Fajaruddin Wunanto mengungkapkan, jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal di daerahnya mencapai ribuan orang. Kebanyakan mereka bekerja sebagai kuli bangunan dan pembantu di Negeri Jiran, Malaysia. “Sementara yang terdata secara resmi di Nakertrans hanya sekitar 160 orang,” ucapnya. “Informasi yang kami dapat mereka rata-rata berangkat menggunakan jalur tikus dan tidak terdata di Nakertrans,” sambung, Kadis Nakertrans Muna.

Untuk penanganan TKI ilegal, mulai tahun depan Nakertrans akan melakukan pendataan. Kata Fajaruddin, pendataan ini penting dilakukan, sehingga bila terjadi sesuatu pada para TKI, bisa diketahui. Misalnya, TKI mengambil paspor di daerah lain, maka bisa dilakukan komplain. “Kami sudah bangun komunikasi di dewan untuk melakukan pendataan TKI ilegal. Setalah datanya kami dapat, langsung diserahkan ke kementerian untuk dilakukan penanganan,” katanya.

Dilain sisi juga, pihaknya akan melakukan sosialisasi di masyarakat terkait mekanisme menjadi TKI legal. Syarat utamanya adalah harus mendapat rekomendasi dari Nakertrans kabupaten. “Jadi sebelum dibuatkan paspor oleh Imigrasi, harus ada rekomendasi dari Nakertrans daerah asal,” jelasnya. (cr1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top