Koperasi Hambat Bantuan Kapal Nelayan Baubau – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Bau-bau

Koperasi Hambat Bantuan Kapal Nelayan Baubau

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Program pemberian bantuan untuk menunjang profesi kerja nelayan terus disalurkan ke daerah. Salah satunya fasilitas alat tangkap berupa kapal nelayan. Hanya saja, untuk mendapat bantuan tersebut, nelayan harus membentuk koperasi sebagai wadah dan syarat utama.

Di Kota Baubau, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) belum bisa memaksimalkan program tersebut. Dari ribuan nelayan yang ada hanya beberapa saja yang diusul mendapatkan bantuan kapal tangkap. Mereka adalah nelayan yang sudah membentuk koperasi dan telah diusulkan sejak 2016 lalu. Ada Koperasi Serba Usaha (KSU) Nelayan Simpanjonga, KSU Bahari Nelayan Mandiri dan Koperasi Nelayan Baubau.

“Saat ini, kapal tangkap ikan itu masih dalam proses pengerjaan di galangan kapal Kota Baubau. Dalam waktu dekat sudah jadi,” kata Kepala DKP Kota Baubau, Sadidi saat dihubungi, Senin (7/8). Untuk tahun ini, lanjut Sadidi, pengusulan bantuan kapal tangkap ikan bagi nelayan belum dilakukan. Pihaknya sementara mengusahakan pembentukan koperasi.

“Sementara ini sudah ada lima koperasi nelayan yang masih dalam proses pembentukan. Untuk bisa dapatkan bantuan kapal 2018 mendatang, mestinya kita sudah usulkan tahun ini. Tapi tak bisa karena koperasinya belum terbentuk. Sebab bila wadah belum terbentuk, maka percuma diusulkan ke pusat. Sebab di sana seluruh dokumen yang kita ajukan diverifikasi. Khususnya keabsahan dan kelengkapan dokumen koperasi,” jelas Sadidi. (c/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top