Harga Sayur-mayur Mengalami Penurunan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Harga Sayur-mayur Mengalami Penurunan

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
Harga sayur-mayur mulai turun di Pasar Basah Mandonga.

KENDARIPOS.CO.ID — Berdasarkan pantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Kendari, harga komoditi sayur-mayur yang mengalami kenaikan tajam beberapa waktu lalu, kini mulai turun. Namun penurunan harganya, rupanya tidak signifikan.

Kabid Logistik Disperindagkop dan UKM Kota Kendari, Yusri mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun dari tiga pasar besar, yakni Pasar Sentral Baruga, Pasar Korem dan Pasar Sentral Kendari, harga komoditi sayuran yang hingga saat ini belum kembali normal ditengarai oleh faktor alam (cuaca kurang bersahabat). “Sawi hanya turun Rp 1.000 dalam sepekan. Awalnya Rp 5 ribu hanya turun jadi Rp 4 ribu,” singkatnya.

Selain itu, harga tomat apel juga mengalami penurunan dari Rp 25 ribu turun menjadi Rp 20 ribu. Sedangkan harga ikan laut pekan lalu juga mengalami kenaikan namun masih bisa ditoleransi. Ia akui, menjelang bulan Ramadan dan hari raya harga komoditi mengalami kenaikan yang sangat tajam dan hingga saat ini pergerakan turunnya cukup lambat. Yusri mengimba masyarakat utamanya para ibu rumah tangga agar tak berlebihan dalam berbelanja kebutuhan harian (borong). “Jadi pandai-pandailah dalam mencukupi kebutuhan. Beli seperlunya saja,” pesannya.

Pihaknya rutin memantau harga komoditi di pasaran dengan harapan berbagai spekulasi di lapangan tidak ditemukan. Ia harap masyarakat segera melapor jika ada kenaikan harga yang tak masuk akal di pasar agar pihaknya langsung mengambil langkah cepat. Terkait kelangkaan garam, pihaknya belum menerima informasi riil. “Tapi secara keseluruhan kondisi pasar masih terkontrol,” tegasnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top