Bahaya! Produk Kedaluwarsa Beredar di Butur – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Buton Utara

Bahaya! Produk Kedaluwarsa Beredar di Butur

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
Penertiban makanan kedaluwarsa pada sejumlah kios warga di Buton Utara.

KENDARIPOS.CO.ID — Pengawasan dan penertiban produk makanan kedaluwarsa terus dilakukan. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Buton Utara (Butur) dibantu Kepolisian, Polisi Pamong Praja serta Dinas Kesehatan menggelar razia makanan dan minuman tak layak konsumsi yang masih diperdagangkan pada kios-kios.

Dari hasil operasi gabungan itu ditemukan banyak makanan ringan telah kedaluwarsa namun masih dijual. Petugas lalu melakukan penyitaan. Pihak Disperindag mengimbau, agar orang tua mengawasi anaknya saat jajan. Kepala Disperindag Butur, Asabran menuturkan, operasi tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat. Produk-produk yang tak sesuai standar langsung disita. Pemilik kios juga diimbau tak menjual kembali produk tersebut.

“Alasan penjual masih memperdagangkan makanan kedaluwarsa karena ketidaktahuan. Makanya kami minta pemilik kios rutin melakukan pengecekan barang dagangannya. Masyarakat juga harus hati-hati. Cek dulu waktu kedaluwarsanya, jangan langsung beli. Barang-barang yang ditemukan petugas ditarik dan tak boleh dijual lagi. Bila ada yang melanggar, akan kita tindak,” ancam Asabran.

Ia melanjutkan, selain terancam izin usahanya dicabut, pedagang produk kedaluwarsa juga dapat dijerat sanksi pidana, sesuai undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top