ADD/DD Wakatobi Tahap II Ditarget Cair Tepat Waktu – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Wakatobi

ADD/DD Wakatobi Tahap II Ditarget Cair Tepat Waktu

KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) tahap II tahun ini ditargetkan dapat tepat waktu. Sesuai klausul pencairan yang dimuat dalam peraturan menteri keuangan (PMK) nomor 50 tahun 2017, pertanggungjawaban realisasi tahap I harus masuk hingga 31 Agustus. Jika tidak, maka dipastikan akan berdampak pada pencairan tahap II.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Wakatobi, Kamalu menjelaskan, seluruh ADD dan DD tahap I sudah disalurkan pada 75 desa di kabupaten itu. Kini, seluruh desa tersebut harus segera memasukkan laporan serapan anggaran tahap I. “Lebih cepat laporan realisasinya masuk, justru bagus. Agar pencairan 40 persen tahap II ini tepat waktu,” ujar Kamalu, Senin (7/8).

Ia berharap seluruh kepala desa konsisten mempercepat laporan pertanggungjawaban serapan anggaran 60 persen yang sudah cair. Mulai dari DD yang masuk dalam komponen dana alokasi khusus (DAK) non fisik dari pemerintah pusat maupun ADD melalui daerah.

Ia menegaskan, jika pemerintah desa di Wakatobi tidak mengindahkan petunjuk tersebut, maka pasti akan berdampak pada pencairan anggaran tahap selanjutnya. “Kita targetkan selesai bulan Agustus ini. Kalau tidak, ya pencairan akan terlambat,” ulang Kamalu, menegaskan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sarimu, mengungkapkan, selain syarat laporan pertanggungjawaban realisasi anggaran tahap satu, pihaknya juga menegaskan hanya akan memproses desa-desa yang sudah mempublikasikan program kerja melalui baliho.

“Pokoknya diupayakan pencairan tahap II secepatnya. Kami sudah sampaikan di desa-desa selesaikan segala persyaratan yang ada agar proses tahap pencairan tidak mengalami keterlambatan,” timpalnya. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top