Polda Usut Amdal PT SRNAI, Walhi Sultra Minta Polisi Hentikan Aktivitas Perusahaan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Polda Usut Amdal PT SRNAI, Walhi Sultra Minta Polisi Hentikan Aktivitas Perusahaan

Kisran Makati

KENDARIPOS.CO.ID — Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra sedang mengusut laporan dugaan pelanggaran lingkungan hidup yang dilakukan PT. Sungai Raya Nickel Aloi Indonesia (SRNAI) di Moramo, Konawe Selatan (Konsel). Aduan masyarakat menyebutkan adanya indikasi perusahaan itu tidak memiliki analisis dampak lingkungan (Amdal) dan izin lingkungan selama beraktivitas.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra Kompol Dolfi Kumaseh membenarkan adanya aduan masyarakat. Menurut Kompol Dolfi, penyidik masih mengumpulkan data-data dan melakukan klarifikasi kepada pihak PT SRNAI. “Penyidik masih akan melakukan pendalaman atas masalah ini. Kemungkinan beberapa pihak seperti direkturnya akan dipanggil nanti,” ujar Kompol Dolfi Kumaseh, Minggu (6/8).

Sementara itu, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sultra mengecam perusahaan tersebut yang tak memiliki Amdal. Direktur Eksekutif Walhi Sultra, Kisran Makati meminta agar Polda Sultra segera mengusut dugaan tindakan melawan hukum yang dilakukan PT. SRNAI. Menurutnya, apa yang dilakukan perusahaan tersebut tidak dibenarkan secara hukum. Apalagi telah membangun smelter tanpa mengantongi izin lingkungan dan Amdal.

Kisran Makati menjelaskan meski perusahaan itu berdalih sedang mengurus Amdal maka tidak boleh dulu melakukan aktivitas. Kecuali dokumen Amdal sudah dikeluarkan. Menurut Kisran, dampak aktivitas perusahaan ini sangat mempengaruhi ekologis. “Harus dihentikan. Polda Sultra segera melakukan penyelidikan masalah ini. Sebelum kian panjang persoalannya dan merugikan banyak orang,” ujar Kisran Makati, kemarin. (ade/c)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top