Ketua KPU Sultra : Pendaftaran Lembaga Pemantau Pemilu Dimulai Oktober – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Ketua KPU Sultra : Pendaftaran Lembaga Pemantau Pemilu Dimulai Oktober

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023 akan dilaksanakan Juni 2018 mendatang. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra. Selain itu, KPU mempersilahkan kepada lembaga yang ingin ikut memantau proses jalannya pesta demokrasi lima tahunan di Sultra tersebut.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan, bagi masyarakat atau lembaga yang ingin berpartisipasi dalam memantau Pilgub boleh-boleh saja. Hal itu berdasarkan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 dan Keputusan KPU Provinsi Sultra Nomor 24 Tahun 2017 pada poin keenam tentang pemantau pemilihan telah tertera jadwalnya. “Sesuai scedul dimulai 12 Oktober 2017 hingga 11 Juni 2018 mendatang. Jadi, diberi waktu selama delapan bulan,” katanya saat dihubungi via seluler, Minggu (6/8).

Dijelaskannya, bagi lembaga yang ingin ikut berpartisipasi memantau dipersilahkan mendaftar pada jadwal tersebut. Waktu tersebut dianggap sudah cukup untuk mengakomodir pemantau yang ingin berpartisipasi. Pendaftarannya di Sekretariat KPU provinsi langsung. “Jadi, bagi pemantau Pemilu untuk mendaftar di KPU Provinsi Sulawesi Tenggara. Dan itu (pendaftaran pemantau pemilihan ) akan berakhir 15 hari sebelum hari pemungutan suara berlangsung,” jelas mantan Ketua KNPI Sultra ini.

Ia menambahkan, nantinya KPU akan mengumumkan kepada masyarakat tentang pendaftaran tersebut. Termasuk, juga persyaratan yang harus dipenuhi oleh lembaga yang ingin ikut memantau. Baik secara administrasi, dan lain sebagainya. Namun demikian kata dia, di bulan Oktober itu juga nanti pihaknya akan melakukan launching tahapan Pilgub terlebih dahulu. Baru setelah itu mengumumkan secara resmi pendaftaran lembaga pemantau. (wan/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top