Kemensos Gandeng IAIN Kendari Untuk Desa Sejahtera – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Kemensos Gandeng IAIN Kendari Untuk Desa Sejahtera

Humas IAIN for Kendari Pos
Penandatanganan kerjasama Kementerian Sosial dengan IAIN Kendari tanggal 1 Agustus lalu di Swiss-Belhotel Makassar.

KENDARIPOS.CO.OD — Mewujudkan program desa mandiri sejahtera di Sultra, pihak Kementerian Sosial mengandeng sejumlah pihak. Salah satunya adalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tanggal 1 Agustus lalu di Swiss-Belhotel Makassar.

Kerjasama ini, ditandatangani langsung oleh Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa dan Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim. Jalinan tersebut fokus pada pengembangan model desa sejahtera mandiri pada 17 kabupaten/kota di Sultra. “Tentunya, melalui berbagai kegiatan pengabdian masyarakat. Contohnya, penyuluhan sosial, penelitian, pendidikan dan pelatihan, penyediaan data dan informasi, pemberdayaan sosial, perlindungan jaminan sosial serta rehabilitasi sosial,” ungkap Nur Alim.

Selain itu, lanjut dia, Mensos juga punya harapan besar terhadap perguruan tinggi untuk berpartisipasi menanggulangi masalah sosial, yang terjadi di tengah masyarakat. Misalnya, menyakut difabel, kemiskinan, gelandangan, rumah tidak layak huni, serta kualitas sumber daya manusia.

Menurut Pakar Pendidikan IAIN Kendari ini, pihaknya mulai untuk mensinergikan program pengabdian masyarakat, antara lain melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan program pengabdian lainnya. “Harapan kami program ini juga menjadi momentum bagi IAIN Kendari untuk ikut serta berperan dalam menanggulangi masalah-masalah sosial yang ada di Sultra, apalagi didukung Dinas Sosial kabupaten/kota di Sultra,” terangnya.

Ia pun menjelaskan, mulai tahun depan program KKN akan diisi dengan kegiatan yang menunjang kerjasama ini sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, IAIN Kendari yang didukung Kemensos juga akan melakukan KKN bersama 20 Perguruan Tinggi (PT) lainnya yang telah menandatangani nota kesepahaman pada daerah yang masuk kategori terpencil, tertinggal dan terluar.

“Mahasiswa yang akan ikut KKN bersama nantinya, kita akan lakukan tahapan seleksi, sehingga terpilih mahasiswa yang dianggap mampu melaksanakan tugas sebagai agen pembaharu dalam mewujudkan desa mandiri sejahtera,” tutupnya.

Untuk diketahui, penandatanganan MoU di Makassar merupakan tindak lanjut dari komunikasi yang terjalin sejak April lalu, saat Mensos berkunjung ke IAIN Kendari. Selain IAIN Kendari, terdapat 3 PT lain (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Pattimura Ambon dan Institut Agama Islam Darud Da’wah wal Irsyad Sulawesi Barat) yang menjalin program yang sama dengan Kementerian Sosial. (ima/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top