Draf APBD-P Pemkot Kendari Rampung, September Dibahas Bersama DPRD – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Draf APBD-P Pemkot Kendari Rampung, September Dibahas Bersama DPRD

Susanti

KENDARIPOS.CO.ID — Draf anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) Pemkot yang diusulkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sudah rampung. Saat ini draf yang sudah menunggu asistensi Wali Kota Kendari, Asrun. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari, Susanti mengatakan sesuai prosedur, draf APBD-P perlu diasistensi oleh wali kota untuk dilakukan penyesuaian program prioritas sesuai visi pembangunan yang dicanangkan. “Sudah siap, SKPD sudah menyetorkan rancangannya. Tinggal menyesuaikan jadwal asistensi dari Wali Kota,” ujarnya.

Menurut Susanti setelah diasistensi oleh wali kota, draf APBD-P segera diajukan ke dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kota Kendari untuk dibahas. Paling lama, awal September sudah akan masuk ke meja DPRD. “September sudah bisa dibahas. Kita optimis tidak terlambat. Oktober kan baru diputuskan,” ungkapnya.

Lebih rinci, item belanja yang masuk APBD-P tersebut seluruhnya akan dirasionalisasi. Hal itu menyusul pemotongan dana alokasi umum (DAU) dalam APBN-P. Kabarnya, semua daerah ikut mengalami pemotongan DAU dengan besaran bervariasi. “Informasi dari Kemkeu dan Kemendagri, akan ada pemotongan DAU di daerah sebesar 2,3 sampai lima persen. Tapi kepastiannya menunggu penetapan APBN-P,” tambahnya.

Menurutnya, Kota Kendari kemungkinan akan mendapat potongan sebesar lima persen oleh Kemenkeu atau sekira Rp 30 miliar dari total DAU sebesar Rp 625 miliar. Olehnya itu, beberapa belanja yang dianggap tidak urgen akan dilakukan pemotongan. “Belanja yang tidak begitu berpengaruh terhadap masyarakat seperti perjalanan dinas akan dikurangi,” jelas Susanti. Hanya saja, terkait rasionalisasi tersebut, Susanti menyerahkan sepenuhnya pada kebijakan Wali Kota Kendari. “Nanti wali kota yang putuskan mana yang dikurangi dan mana yang tidak,” pungkasnya. (Alfin)

APBD-P Kota Kendari
– Target : Rp 1,4 Triliun
– DAU : Rp 625 Miliar
– Drafnya dari SKPD sudah rampung
– Tinggal asistensi wali kota
– September diajukan DPRD, Oktober disahkan
– DAU dipotong lima persen atau Rp 30 Miliar
– Ada rasionalisasi belanja seperti perjalanan dinas

Sumber : BPKAD Kota Kendari

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top