Buka Akses Jalan Lasunapa-Mongkeluno, Bupati Muna : Hasil Tanaman Bisa Lebih Mudah Dipasarkan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Muna

Buka Akses Jalan Lasunapa-Mongkeluno, Bupati Muna : Hasil Tanaman Bisa Lebih Mudah Dipasarkan

MUHAMMAD ERY/KENDARI POS
Pembukaan akses Lasunapa-Mongkeluno di pesisir pantai untuk membuka keterisolasian dan menjangkau destinasi wisata.

KENDARIPOS.CO.ID — Penataan akses transportasi untuk membuka keterisolasian wilayah di Muna mulai digagas. Salah satunya dengan pembukaan ruas jalan Lasunapa menuju Mongkeluno (masuk wilayah Wabintingi). Nantinya, jalan ini dapat mengakses wilayah Napabale, Meleura, Labora hingga Walengkabola.

Selain itu, jalan yang akan membentang sepanjang pesisir pantai itu, menjadi akses transportasi strategis. Sebab, destinasi wisata yang ada di daerah tersebut dapat terjangkau dan menjadi pusat kunjungan. Pekerjaan jalan ditargetkan tuntas tahun 2017 ini. “Sekarang sudah dikerja. Silahkan cek saja ke sana,” ujar Bupati Muna, LM Rusman Emba saat ditemui di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Mantan Ketua DPRD Sultra itu mengaku, pembukaan akses jalan dimaksudkan untuk memberikan peluang pada masyarakat. Apalagi warga di wilayah itu rata-rata bekerja sebagai petani. “Sehingga hasil tanamannya bisa lebih mudah dipasarkan. Selain itu, pemerintah juga dapat memberikan bantuan alat pertanian,” sambungnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Muna, La Mahi mengaku, untuk tahap pertama ini, memang hanya pembukaan jalan Lasunapa menuju Mongkeluno. “Mudah-mudahan tahun depan tuntas. Ini juga menjangkau daerah daerah yang terisolasi karena banyak juga perkampungan nelayan di sana,” ujarnya.

Dengan terbukanya jalan, maka tahun 2018 nanti, Bupati Muna, LM Rusman Emba menggagas program pembangunan 50 unit rumah nelayan. “Anggarannya Rp 146 juta tiap unit. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” tandas mantan Camat Maligano ini. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top