Berikut Tips Mudah Bakar Kalori – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kesehatan

Berikut Tips Mudah Bakar Kalori

KENDARIPOS.CO.ID — Ingin mendapatkan berat badan yang proporsional memang tidak sulit. Anda bisa melakukan sederet cara unik berikut, sehingga bisa membakar kalori lebih cepat. Olahraga mungkin merupakan cara yang Anda lakukan untuk membakar kalori, sehingga penurunan berat badan dapat terjadi. Namun, ternyata ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk membakar kalori dan mungkin tidak pernah diduga sebelumnya

Sering tertawa.
Tertawa membuat Anda bahagia dan juga ternyata dapat membakar kalori.Sebuah penelitian yang melibatkan 45 pasangan yang menonton film lucu menunjukkan tertawa selama menonton film dapat meningkatkan metabolisme sebesar 10-20 persen. Tertawa, tubuh akan meningkatkan detak jantung. Hal ini kemudian akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda sebesar 10-20 persen. Sehingga, kalori dalam tubuh akan terbakar lebih besar saat tertawa.

Minum air dingin.
Banyak orang menyangka bahwa minum air dingin dapat mendorong penumpukan lemak. Sehingga, banyak yang melarang minum air dingin saat sedang diet penurunan berat badan. Namun faktanya, minum air dingin justru dapat membantu tubuh membakar kalori.

Tubuh akan meningkatkan metabolisme untuk menghasilkan panas agar suhu tubuh tetap terjaga saat minum air dingin. Efeknya tubuh akan membakar lebih banyak kalori saat minum air dingin. Penelitian pun membuktikan bahwa minum air dingin sebanyak 500 ml dapat meningkatkan kalori yang terbakar sebanyak 24-30 persen selama 90 menit.

Mengunyah permen karet.
Cara membakar kalori berikutnya adalah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi asupan kalori dari makanan. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Rhode Island.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang mengunyah permen karet mengonsumsi kalori lebih sedikit saat makan siang dan tidak mengonsumsi makanan yang lebih banyak lagi pada waktu makan selanjutnya. Namun, pastikan permen karet yang dipilih adalah yang bebas gula.

Mendonorkan darah.
Saat mendonorkan darah, jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh akan meningkat. Setelah mendonorkan darah, tubuh membutuhkan energi untuk membentuk protein baru, sel darah merah, dan komponen darah lainnya untuk menggantikan darah yang hilang. Sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak. Namun tidak bisa mendonorkan darah setiap hari, beri jeda waktu setidaknya delapan minggu untuk donor darah lagi.

Berbelanja.
Anda mungkin tidak sadar bahwa sebenarnya sedang berolahraga kecil ketika berbalanja. Coba hitung berapa langkah yang dihasilkan saat berbelanja? Setiap langkah akan membakar kalori tubuh. terlebih jika berjalan cepat dan menaiki tangga saat berbelanja. Ini merupakan salah satu cara membakar kalori yang menyenangkan terutama bagi wanita.

Membersihkan rumah.
Membersihkan rumah memang melelahkan. Tapi manfaatkan bisa membakar kalori. Saat membersihkan jendela saja, sebenarnya anda sedang membakar kalori sekitar 65 kalori. Belum lagi jika Anda juga membersihkan lantai, membersihkan kamar mandi, dan hal lainnya. Jadi, selain rumah jadi bersih, membersihkan rumah juga membuatmu berkeringat.

Menggerakkan tangan dan kaki.
Saat sedang gelisah atau sedang bosan, secara tidak sadar akan menggerak-gerakkan kaki atau jari tangan. Hal ini ternyata juga dapat membakar kalori. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang gelisah saat duduk atau berdiri dapat membakar kalori lima sampai enam kali lebih banyak dibandingkan orang yang hanya diam saat duduk atau berdiri. (tty)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top