6.873 Pelajar Terima Beasiswa PIP di Konawe – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Konawe

6.873 Pelajar Terima Beasiswa PIP di Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — 4.312 murid Sekolah Dasar (SD) dan 2.561 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), di Kabupaten Konawe menerima bantuan pendidikan melalui Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah pusat. Anggaran tersebut diharapkan dapat membantu meringankan beban orang tua, khususnya bagi mereka yang kurang mampu.

Kasubag Perencanaan dan Penyusunan Anggaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Tira Liambo merinci, bantuan untuk SD masing-masing sebesar Rp 450 ribu tiap tahun. “Kalau untuk SMP sebesar Rp 700 ribu dan sistemnya sama dengan SD. Ada yang sudah naik SMA, tapi masih terdaftar di SMP, maka mereka wajib menerima setengah bantuan PIP mereka yakni Rp 350 ribu. Begitu pula untuk pelajar yang kelas VII, masih menerima di SD masing-masing, karena belum terdaftar sebagai penerima di SMP,” jelasnya, akhir pekan lalu.

Menurut Tira, PIP adalah pengganti beasiswa siswa miskin (BSM). Mayoritas penerimanya adalah peserta didik dengan penghasilan orang tua di bawah upah minimum regional. “Tapi kami juga bingung karena ada anak pegawai negeri sipil yang terima PIP. Karena daftar nama penerimanya dikirim langsung dari pusat, maka kami tak bisa menolak dan wajib diberikan. Pemerintah pusat yang memutuskan berdasarkan data dari dapodik yang diinput pihak sekolah,” akunya.

Tira menjelaskan, setiap siswa sudah punya rekening sendiri dan saat pencairan bantuan tak bisa diwakili. “Kami prediksi, nanti akan ada masalah untuk pencairannya. Sebab ada beberapa lokasi bank tempat penerimaan beasiswa yang tak sesuai. Misalnya murid di Lambuya, harus mengambil uang di Sampara, atau sebaliknya. Bagaimana kalau siswa di Routa atau Latoma harus mencairkan di Sampara dan tidak bisa diwakilkan,” tanyanya. (b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top