Konkep Identifikasi Titik Sentra Pengembangan Kelapa – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

Konkep Identifikasi Titik Sentra Pengembangan Kelapa

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) langsung menindaklanjuti program pengembangan potensi pertanian yang dicanangkan Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, beberapa hari lalu. Potensi pertanian khususnya peremajaan 3000 hektar kelapa dan tanaman pala di Konkep tersebut, mulai diidentifikasi Pemkab setempat.

Salah satu desa yang menjadi titik pengembangan sentra kelapa terletak di Wawobili Kecamatan Wawonii Barat. “Ini salah satu percontohan untuk peremajaan kelapa dalam (kelapa rakyat) yang menjadi program unggulan kami di bidang perkebunan. Yang usianya sudah mencapai 30 tahun sehingga sangat tepat bila dilakukan peremajaan, dan masih ada desa lainnya yang akan dipetak untuk mendukung program peremajaan tersebut, ” terang Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah, melalui Kadis Pertanian, H. Muh. Tahrir, usai meninjau lokasi peremajaan kelapa di Desa Wawobili.

Ajakan Mentan untuk mengembalikan kejayaan kelapa dan pala di Wawonii, menurutnya, sangat tepat. Mengingat kultur masyarakat Wawonii tidak terlepas dengan buah kelapa. Pendapatan ekonomi warga pun sangat bergantung pada hasil tanaman kelapa sehingga pemerintah pun siap mewujudkan kejayaan masyarakat Wawonii tersebut.

“Allhamdulillah Mentan merespon program kami (kelapa dalam) dengan memberikan bantuan 3000 hektare bibit untuk peremajaan kelapa. Insya Allah program ini bisa kita wujudkan dengan langkah-langkah strategis,” ujarnya.

Mantan Kadis BPMD Konkep itu, menambahkan bahwa program pertanian menjadi prioritas pembagunan untuk daerah yang baru empat tahun mekar ini. Salah satu tujuan program yangmulai digalakkan Pemkan Konkep itu, tak lain untuk mengurangi persoalan ekonomi masyarakat. Sambungnya, pembangunan yang dimulai dari desa dengan prioritas pada pertanian menjadi jalan sekaligus solusi untuk menyejahterakan masyarakat Konkep. (san/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top