Mantap ! Tata Kelola TPA Sampah Puuwatu jadi Percontohan Nasional – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Mantap ! Tata Kelola TPA Sampah Puuwatu jadi Percontohan Nasional

Alamsyah Lotunani

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari ditetapkan sebagai daerah percontohan nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK) RI. Wilayah otorita Asrun ini dinilai lebih baik dari 512 kabupaten dan kota di Indonesia. Keunggulan Kota Lulo ini berada pada pengelolaan sampahnya yang dianggap terbaik nasional yakni TPA Puuwatu. Hal itu setelah meraih penghargaan dari Kementerian LHK sebagai TPA terbaik.

Penetapan TPA terbaik itu menyempurnaka penghargaan adipura yang juga diterima Pemkot Kendari. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kota Kendari, Alamsyah Lotunani, Kamis (3/8). Kata dia, dalam penganugerahan penghargaan lingkungan hidup pada Rabu malam lalu, Menteri LHK RI, Siti Nurbaya Bakar menyebutkan Kota Kendari layak dicontoh oleh daerah lain di Indonesia. “Kendari disebut sebagai kota percontohan, dan daerah lain diminta studi banding ke sini oleh ibu menteri. Itu disampaikan ditengah forum pemberian penghargaan lalu,” ujar Alamsyah Lotunani.

TPA Puuwatu, masih kata Alamsyah, dianggap sebagai inovasi pemerintah yang sukses memadupadankan pengelolaan sampah, energi alternatif dan tempat wisata. Itu sangat dikagumi oleh kementerian. “Kita mampu menghasilkan energi alternatif dan sudah dimanfaatkan bagi masyarakat di kampung mandiri energi. Di sana juga orang malah berwisata. Itu keunggulan TPA kita,” ungkap Alamsyah Lotunani.

Alamsyah menyebutkan bahwa Pemkot akan mengembangkan fasilitas yang ada di TPA Puuwatu menjadi lebih lengkap lagi. “Sekarang kan ada flying fox, nanti wahananya akan kita tambah. Dengan begitu, makin banyak lagi daerah yang datang studi banding,” paparnya.

Ketua KONI Kota Kendari itu berharap dengan ditetapkan sebagai TPA terbaik nasional maka akan mendatangkan manfaat secara ekonomi. Dalam artian, ke depan semakin banyak lagi daerah yang akan studi banding di Kota Kendari untuk mengadopsi pengelolaan TPA Puuwatu. “Studi banding itu ada income ekonominya, paling tidak hotel dan restoran menjadi kebutuhan mereka. Kita dapat manfaatnya di situ, selain promosi daerah juga,” jelas Alamsyah Lotunani.

Untuk diketahui, TPA Puuwatu ditetapkan sebagai TPA terbaik nasional untuk kali kedua. Pada penilaian adipura lalu, TPA Puuwatu menyumbang poin tertinggi yakni 13 passing grade dari total 77 nilai untuk Kota Kendari. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top