Luar Biasa ! Lima Sekolah di Kota Kendari Kantongi Adiwiyata Mandiri – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Luar Biasa ! Lima Sekolah di Kota Kendari Kantongi Adiwiyata Mandiri

Ketua Tim Adiwiyata, Paruddin, membenahi tanaman Green House di SMPN 1 Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga tahun berturut-turut, sekolah di Kota Kendari berhasil mengukir penghargaan nasional dibidang lingkungan. Terbukti, sejak tahun 2015 lalu, terhitung sudah lima sekolah yang sudah meraih Adiwiyata Mandiri. Kelimanya adalah SMPN 1 Kendari, SMPN 17 Kendari, SDN 11 Mandonga dam SDN 05 Mandonga.

Penganugerahan itu, tentunya menjadi salah satu prestasi yang membanggakan daerah. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari senantiasa mendorong sekolah untuk beradiwiyata atau berwawasan lingkungan. “Alhamdulillah tanggal 2 Agustus lalu, SDN 09 Mandonga berhasil menerima penghargaan tersebut, sehingga harapan kami kedepannya prestasi itu bisa dipertahankan,” ungkap Kepala Dikmudora Kendari, Dra. Sartini Sarita, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/8).

Kata Sartini, seluruh satuan pendidikan di metro ini, harus berwawasan lingkungan. Harapannya, keberhasilan lima sekolah sampai di Adiwiyata Mandiri, dapat memotivasi sekolah lainnya agar berlomba mengukir prestasi serupa. “Yang terpenting, sekolah bukan hanya sekadar mengikuti lomba, akan tetapi bagaimana menumbuhkan budaya bersih kepada siswanya. Dengan itu, terciptalah kesadaran diri untuk selalu menjaga serta mencintai lingkungan hidup,” terangnya.

Sejak tiga tahun mengalakkan program tersebut, lanjut dia, hampir semua sekolah sudah beradiwiyata. Meskipun masih bervariasi ada yang masih tingkat kota, provinsi dan nasional serta mandiri. Dibandingkan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara (Sultra), Kota Kendari masih unggul. “Tahun ini, sekolah kita satu-satunya di Sultra yang berhasil raih Adiwiyata Mandiri. Kedepannya, kita berupaya supaya lebih dari satu sekolah. Apalagi, hampir semua sekolah sudah berwawasan lingkungan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SDN 09 Mandonga, Syamsuria, menambahkan, sekolahnya menjadi salah satu satuan pendidikan yang berpredikat Adiwiyata Mandiri. Tentunya hal itu sangat membanggakan, sebab tahun ini sekolah yang dipimpinnya masuk dalam 113 sekolah dari 24 provinsi di Indonesia. “Semoga sekolah lain tidak hanya berdiam diri tetapi beruasah untuk meraih prestasi serupa nanti. Semua sekolah punya peluang yang sama,” tambahnya.

Hal menarik yang bisa diadopsi sekolah lain adalah kepedulian lingkungan yang dimiliki warga sekolahnya. SDN 09 Mandonga mewajibkan murid-muridnya untuk membawa makanan dan minuman dari rumah. Hal itu untuk menghindari penggunaan limbah sampah plastik. “Begitupun dengan kantin sekolah, kami edukasi agar tidak menjual makanan instan dan menggunakan produk berbahan plastik. Itu hanya sebagian kecil kepedulian dan berbudaya lingkungan di SDN 09 Mandonga,” tandas Syamsuria. (ima/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top