Kemenpan-RB Kagumi Manajemen RSUD Kota Kendari – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Kemenpan-RB Kagumi Manajemen RSUD Kota Kendari

Aktivitas Pelayanan administratif RS Kota Kendari. Foto : Angga/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tak sungkan mengagumi manajemen penataan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Rasa kagum itu diungkapkan Damayanti Tyastianti, Asisten Deputi Koordinasi Kebijakan, Penyusunan dan Evaluasi Kemenpan-RB saat melakukan penilaian pelayanan publik, Kamis (3/8).

Menurut Damayanti Tyastianti, RSUD Kota Kendari memiliki tata lingkungan yang baik dengan suasana lingkungan yang nyaman. Pujian juga diberikan untuk publikasi rumah sakit melalui sistem informasi kepada masyarakat. “Rumah sakitnya sudah nyaman dan lingkungannya tertata rapi. RSUD ini sudah bagus,” puji Damayanti kepada Direktur Utama RSUD Kota Kendari, Asridah Mukkadim.

Damayanti Tyastianti juga memberi masukan agar media informasi tempel dikemas lebih sederhana, termasuk informasi kehadiran tenaga dokter perlu ditingkatkan. Kunjungan Kemenpan-RB tersebut dalam rangka penilaian kebijakan publik dan RSUD Kota Kendari pada 2016 lalu menjadi role model pelayanan publik dengan kategori baik.

“Ada beberapa item yang kita nilai yaitu penerapan kebijakan publik, kompetensi sumber daya manusia, sarana dan prasarana pelayanan. Selain itu, media informasi pengaduan, inovasi pelayanan, dan tingkat kepuasan masyarakat. Itu semua dinilai, apakah tata pelaksanaannya sudah maksimal ataukah perlu evaluasi,” ungkap Damayanti.

Untuk model penilaian, Damayanti menggunakan skema indeks pelayanan. Instansi dengan indeks 5, akan mendapatkan nilai A. Sedangkan indeks 4,5 mendapatkan nilai pelayanan publik kategori B. “Penilaian ini dilakukan di seluruh Indonesia terutama di wilayah ibu kota provinsi. Pengumumannya pada akhir tahun,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Kota Kendari, Asridah Mukkadim mengaku siap menindaklanjuti saran dari Damayanti. Institusi yang dipimpinnya selalu siap meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. “Kami siap benahi, termasuk jam masuk dokter dan perihal papan informasi. Memang semangat kami terus meningkatkan layanan kepada masyarakat,” ujarnya penuh semangat.

Asridah optimis tahun ini pihaknya mendapatkan nilai memuaskan. Hal itu merujuk pada penghargaan yang pernah diraih yakni citra pelayanan prima dari Kemenpan-RB tahun 2013. “Tahun lalu juga kita jadi role model dengan nilai B, sekarang kami berharap bisa naik A. Semoga bisa tercapai,” ungkapnya.

Sekretaris Kota Kendari, Alamsyah Lotunani berharap tidak saja RSUD Kota Kendari, melainkan semua institusi dan instansi di Kota Kendari harus memiliki pelayanan publik yang memuaskan. Apalagi Pemkot sudah berkomitmen untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan semangat melayani masyarakat. “Tahun lalu, Polres Kendari dapat nilai A. RSUD juga nilainya bagus. Kita harapkan semua pelayanan harus prima dan menjawab semua kebutuhan masyarakat. Mudah-mudahan tahun ini Kemenpan-RB kembali memberi nilai maksimal,” imbuhnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top