Ingat…! 8 Januari 2018, Pendaftaran Cagub Resmi Dibuka – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Ingat…! 8 Januari 2018, Pendaftaran Cagub Resmi Dibuka

KENDARIPOS.CO.ID — Pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra periode 2018-2023 akan dimulai pada awal tahun 2018. Hal tersebut tertuang dalam PKPU Nomor 1 Tahun 2017 dan Keputusan KPU Provinsi Sultra No.24/2017 tentang pedoman teknis tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra periode tahun 2018.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah, mengatakan, penyelenggaraan pendaftaran akan dilaksanakan pada 8 sampai 10 Januari 2018 mendatang. Waktu tersebut tidak akan mengalami perubahan atau perpanjangan. “Jadi, di tanggal dan hari itu sudah mulai pendaftaran di KPU Sultra untuk pasangan calon gubernur selama tiga hari,” katanya kemarin, (3/8).

Mantan komisioner KPU Kota Kendari itu menjelaskan, ada dua metode yang bisa digunakan dalam pendaftaran, yakni menggunakan jalur partai politik (Parpol) atau jalur independen (perseorangan). Kata dia, untuk jalur Parpol atau gabungan Parpol, minimal sebesar 20 persen kursi atau minimal sembilan kursi di DPRD Sultra, sudah dapat mengusung Paslon, atau 25 persen perolehan suara sah Parpol atau gabungan Parpol dalam Pemilu 2014 di Sultra bagi Parpol yang memiliki kursi di DPRD Sultra,” jelasnya,

Untuk Cagub yang mendaftar melalui jalur perseorangan, penyerahan syarat dukungan Paslon independen atau perseorangan wajib menyampaikan syarat dukungan kepada KPU Sultra pada November mendatang. “Waktu penyerahannya, pada 22 sampai 26 November 2017,” ujar mantan Ketua KNPI Sultra itu.

Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 54/PUU-XIV/2016, tanggal 14 Juni lalu, yang memungkinkan mereka yang lewat jalur “KTP”, ternyata sudah lebih mudah. Dalam putusan MK tersebut dukungan calon perseorangan tidak lagi mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), tapi merujuk pada jumlah penduduk yang memiliki hak pilih. “Dengan adanya putusan tersebut maka syarat dukungan calon perseorangan itu tidak lagi mengacu wajib pilih, tapi jumlah penduduk yang punya hak pilih saat Pilkada digelar,” ujarnya.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top