Hindari Investasi Ilegal, OJK Literasi Jasa Keuangan di Muna – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Hindari Investasi Ilegal, OJK Literasi Jasa Keuangan di Muna

Muhammad Ery/Kendari Pos
Kepala OJK Sultra, Widodo, memberikan pemahaman tentang manfaat industri jasa keuangan di Galampa Bypass Raha, kamis (3/8).

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra menyambangi kabupaten Muna, kamis (3/8). Lembaga independen ini, meliterasi pemerintah setempat, termasuk pelajar dan masyarakat umum untuk mencegah pemanfaatan investasi ilegal yang marak terjadi di tengah masyarakat.

Kepala OJK Sultra Widodo mengatakan, selain memperkenalkan peran lembaga yang dipimpinnya tersebut, ada misi yang menjadi target. Utamanya mengenai pemanfaatan industri jasa keuangan yang masih minim pemahaman di Sultra, termasuk Kabupaten Muna. Ini juga menjadi beban yang harus ditunaikan dengan memberikan edukasi sebagai awal program prioritas OJK.

“Minimal Pemkab dalam menjalankan program dengan sasaran pemberdayaan masyarakat. Karena pemerintah juga tidak bisa jalan sendiri. Kemudian memperkenalkan pada anak sekolah tentang OJK. Sebab, mereka sebagai mata rantai yang menyebarkan lebih luaskan informasi tentang jasa keuangan. Ini rutin kita lakukan,” beber Widodo, saat ditemui di Galampa Bypass Raha, Kamis (3/7).

Selain itu, mantan pejabat di OJK pusat ini, pun menyampaikan bahwa sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 1 September 2016, yakni upaya peningkatkan inklusi keuangan 75 persen. Artinya, masyarakat bisa terlayani dalam industri formal. “Sekarang baru mencapai 68 persen. Sehingga masih perlu 0,7 persen lagi. Perekonomian masyarakat harus dipercepat. Dengan bisa melakukan akses investasi. Sehingga nanti, inklusi keuangan dengan kebijakan pemerintah sejalan,” terangnya.

Ia juga berharap dengan mengenal lebih dekat OJK, bisa memahami industri keuangan. Apakah itu mempertanyakan langsung soal OJK terkait dengan pengelolaan keuangan. Masyarakat bisa terhindar dari investasi ilegal.

Wakil Bupati Muna, Malik Ditu menyambut baik apa yang disampaikan pihak OJK. Lembaga ini memiliki kewenangan melakukan pengawasan terhadap industri jasa keuangan. “Jangan pernah takut bekerja sama dengan perbankan. Ada yang awasi, yakni OJK. Perbankan itu memajukan daerah. Jangan lagi percaya dengan investasi yang sifatnya ilegal atau bodong,” tukasnya. (ery/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top