Desain Masih Dirancang, Sultra Butuh 24.420 Kotak Suara Transparan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

Desain Masih Dirancang, Sultra Butuh 24.420 Kotak Suara Transparan

Arif Budiman

KENDARIPOS.CO.ID — Desain kota suara transparan sesuai pasal 341 ayat 1 huruf 4 UU Pemilu masih menjadi perdebatan. Kini KPU masih memikirkan desain transparan dan jumlah kotak suara yang harus dibuat. Rencananya, kotak suara transparan akan digunakan pada Pemilu 2019 mendatang, sedangkan untuk Pilkada serentak 2018 masih tetap menggunakan kotak suara yang ada.

Ketua KPU RI Arif Budiman mengungkapkan, maksud dari kotak suara yang bersifat transparan tersebut bisa terlihat dari luar. “Sebelumnya kan kotak suara itu berbahan aluminium atau kotak kertas kedap air. Namun dengan adanya aturan baru, kita harus mengikuti perintah tersebut dengan membuat kotak suara transparan yang bisa terlihat dari luar. Sebetulnya wacana ini sudah ada pada Pemilu sebelumnya, ” kata Arif saat dihubungi via selulernya, Kamis (3/8).

Arif juga mengungkapkan, jumlah kotak suara transparan jumlahnya masih belum bisa diperkirakan. Namun ia mengungkapkan bahwa, masih memiliki kotak suara sebanyak 1,8 juta dengan kondisi yang masih layak untuk digunakan. “Mungkin pengadaannya akan dilakukan secara bertahap. Kebutuhan diperkirakan mencapai 2 juta lebih berdasar data Pemilu sebelumnya. Namun kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah,” tuturnya.

Mengenai sebaran dan jatah setiap daerah, Arif mengaku belum bisa mengungkapkan secara pasti. Ia mengaku belum memahami persis terkait aturan kotak suara transparan tersebut. “Saya belum tahu secara persis. Prinsipnya kalau soal distribusi itu bukan perkara susah. Terpenting saat ini pengertian DPR bagaimana, jika memang harus dibuat transparan maka kita akan buat. Termasuk apakah seluruhnya harus diganti maka kita akan ganti, intinya kita efisienkan semaksimal mungkin,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan, terkait hal itu pihaknya mengaku siap untuk menerapkan. Namun aturannya harus jelas termasuk seperti apa model dan wadah yang disiapkan terkait kotak suara yang transparan tersebut. “Kita (KPU Sultra) mengikut regulasi saja. Karena kita patuh dan taat terhadap Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,” ucapnya, (3/8).

Dayat menambahkan, Sultra sejatinya butuh 4.884 kotak suara. namun, karena setiap TPS butuh lima kotak, maka totalnya 24.420 kotak suara. “pengadaannya kita menunggu dari KPU pusat,” tandasnya. (yog/wan/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top