Anggap Saja Uang Rusak, Oleh : Slamet Ristanto – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kolom

Anggap Saja Uang Rusak, Oleh : Slamet Ristanto

KENDARIPOS.CO.ID — Lebaran memang masih lama. Tetapi justru masih lama itulah kita bisa mempersiapkan momen lebaran nanti dengan baik, karena penulis sering mendengarkan keluhan masyarakat ketika memasuki bulan puasa atau menghadapi lebaran. Pekerja yang sudah menerima THR (Tunjangan Hari Raya) Keagamanaan pun kadang masih kewalahan menghadapi lebaran. Padahal sebetulnya kita bisa membuat THR tambahan, baik kita sebagai pekerja maupun kita sebagai pengusaha terutama mikro.

Cara sederhana ini sudah terbukti, ketika lebaran sudah tidak memikirkan biaya baju atau pakaian untuk keluarga, belanja makanan minuman selama puasa dan lebaran. Caranya yaitu cukup dengan menganggap pecahan uang tertentu yang ada di dompet sebagai uang rusak yang tidak dapat dibelanjakan sehingga harus ditaruh di tempat khusus.

Tempat khusus tersebut tak lain adalah celengan atau kaleng tabungan. Pilihlah pecahan uang yang akan menjadi target untuk dianggap sebagai uang rusak. Semakin besar nominalnya memang akan membuat tabungan kita cepat banyak yang nantinya bisa untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Bisa pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000 atau Rp 10.000.

Misalnya pilihan kita terhadap uang yang dianggap rusak adalah pecahan Rp 10.000. Pertimbangannya adalah pecahan Rp 10.000 nilainya hanya 10 persen dari pecahan terbesar uang kita yaitu Rp 10.0000. Boleh saja 10 persen ini dianggap juga sebagai pajak atau apa. Nah, setiap kali kita mendapatkan uang kembalian yang ada pecahan Rp 10.000 langsung masukkan celengan/kaleng tabungan. Biasanya sehabis mengambil ATM dengan pecahan/nominal besar Rp 100.000 lalu dibelanjakan di mal atau pasar atau toko lalu kembaliannya ada pecahan Rp 10000 sampai di rumah langsung saja masukkan celengan.

Pilihan pecahan Rp 10.000 di sini hanyalah contoh. Kita bisa menentukan pecahan yang lebih kecil misalnya Rp 5.000 jika pecahan Rp 10.000 untuk kita masukkan celengan/kaleng tabungan dirasa besar. Yang penting semangatnya menabung. Karena berdasarkan pengalaman dengan uang pecahan Rp 5.000 saja dalam setahun bisa terkumpul jutaan rupiah. Apalagi jika pecahannya yang dimasukkan Rp 10.000. Sedikit lama-lama menjadi bukit. Dibuka di bulan puasa ternyata sudah lumayan. Berpuasa lebih tenang karena sudah pegang THR bikinan sendiri. Anak-anak minta dibelikan baju lebaran tak usah mengantre karena sudah bisa berbelanja di awal Ramadan.
Semoga menginspirasi. Salam GrowinG! (***)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top