Pemkot Kendari Butuh 1.000 PNS, Tapi… – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Pemkot Kendari Butuh 1.000 PNS, Tapi…

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari membutuhkan tambahan pegawai negeri sipil (PNS). Jumlah yang dibutuhkan mencapai 1.000 orang. PNS yang mengabdi di Pemkot Kendari saat ini berjumlah sekira 6.450 orang. Kebutuhan 1.000 PNS dihitung berdasarkan jumlah ideal untuk menunjang penyelenggaraan pemerintahan di Metro Kendari ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari, Zainal Arifin mengatakan jumlah PNS saat ini masih belum representatif dengan beban kerja yang harus dilaksanakan. “Kalau kita hitung kebutuhan ideal, kurang lebih 1.000 lagi,” ujarnya, Rabu (2/8).

Sektor pendidikan dan kesehatan yang paling banyak dibutuhkan Pemkot. Sektor lain pun seperti itu, misalnya tenaga administrasi. “Paling banyak kita butuhkan adalah tenaga guru dan bidan. Ada juga tenaga akuntan, sipil dan tenaga lapangan lainnya,” tambah Zainal. Hanya saja, Pemkot Kendari belum bisa melakukan perekrutan PNS karena moratorium belum dicabut oleh pemerintah pusat. Salah satu adanya moratorium itu adalah minimnya anggaran belanja pegawai. “Kalau diperhadapkan dengan kondisi keuangan, kita belum bisa menambah. Kemenpan-RB mengarahkan, belanja pegawai daerah tidak boleh lewat dari 50 persen, sedangkan kita sudah diatas itu,” jelas Zainal Arifin.

Mantan Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari itu menjelaskan kekurangan pegawai di Kota Kendari teratasi dengan banyaknya tenaga honorer yang mengabdi. Dengan begitu, banyak tugas-tugas pelayanan segera tuntas dikerjakan. “Jumlah honorer kita sekira 1.600 atau 25 persen dibanding jumlah PNS. Mereka sangat membantu
tugas kita,” pungkasnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top