Membanggakan! Hampir Setahun, Mantan Wakapolres Kendari jadi Dankon Misi PBB di Haiti – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Membanggakan! Hampir Setahun, Mantan Wakapolres Kendari jadi Dankon Misi PBB di Haiti

Mantan Wakapolres Kendari  AKBP Dian Nugraha HBWPS SH, SIK (depan) yang menjadi Danton di Haiti.

KENDARIPOS.CO.ID — Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) patut berbangga. Salah satu personilnya, AKBP Dian Nugraha HBWPS SH, SIK, telah dipercaya pimpinan Polri untuk mengemban tugas mulia di negara lain. Alumni Akpol 1999 yang masih tercatat sebagai perwira menengah biro Sumber Daya Manusia Polda Sultra ini, diamanahkan menjadi komandan kontingen (Dankon) Polri untuk misi PBB di Republik Haiti.

Pria kelahiran Palopo, 20 Oktober 1976 ini sudah hampir satu tahun menjalankan misi kemanusiaan di negara dengan ibukota Port-au-Prince itu. Sejak 17 September 2016 lalu, Dian Nugraha sudah berada di Republik Haiti bersama 20 anggota Polri, yang terdiri dari 12 Polisi Laki-Laki dan 8 Polisi Wanita.

Saat berada di negara yang berbatasan langsung dengan Segitiga Bermuda itu, mantan Wakapolres Bombana ini menjalankan misi MINUSTAH (Mission des Nations Unies pour Stabilisation en Haiti) serta dilanjutkan dengan misi MINUJUSTH (Mission des Nations Unies pour l’appui a la Justice en Haiti) atau United Nations Mission For Justice Support in Haiti.

Selama menjalankan misi kemanusian di Kepulauan Karibia, Amerika Tengah, mantan Wakapolresta Kendari ini bertugas di Join Operation Centre (JOC) sebagai Deputy Chief of Joint Operation Centre. Salah satu tugasnya melakukan koordinasi dan sharing informasi dari dan ke militer, polisi dan sekuriti untuk diolah menjadi data serta memberikan pelatihan militer kepada negara-negara donor UNCT (United Nations Country Team) yang akan membentuk angkatan pertama National Haiti sebanyak 500 personil.

Di hubungi via messengernya siang kemarin (malam waktu Haiti/ selisih 12 jam dengan Kendari), Dian Nugraha masih berada di Haiti menjadi mission duty Officer dibawah perwakilan khusus sekjen PBB dan melakukan contact person ke New York. Suami AKBP Aries Setyoningsih, SIK, kabag Bin Ops Direktorat Pengamanan Obyek Vital (Dit Pam Obvit Polda Sultra ini mengaku berterima kasih kepada pimpinan dan petinggi Polri atas amanah dan kepercayaan menjalankan misi kemanusian ini.

Dian Nugraha merasa sangat bahagia karena atas tugasnya itu, dia menjadi satu-satunya polisi dari beberapa negara yang diberikan kesempatan memberikan arahan kepada militer, yang terdiri dari 2 perwira tinggi dan 11 Perwira menengah dari 8 negara dalam rangka pemulangan mereka kembali ke negara masing-masing. Serta memberikan pencerahan dari perspektif kepolisian tentang upaya preventif terhadap ancaman markas mereka.

“Dalam tugas ini, saya juga merasa bahagia karena bisa menjalankan tugas negara dan mengharumkan nama bangsa Indonesia. Saya juga senang berkenalan memperluas jaringan kerjasama dengan negara-negara lain dan memahami budaya-budaya mereka dan kesempatan mengenal negara lain. Ini juga sesuai dengan visi Polri menjadi World Class Organization,” ungkap Dian Nugraha. (Nur)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top