Lima Daerah di Sultra Raih Adipura, SD 9 Mandonga Rebut Adiwiyata – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Lima Daerah di Sultra Raih Adipura, SD 9 Mandonga Rebut Adiwiyata

Walikota Kendari DR Asrun saat memegang Piala Adipura di Jakarta.

KENDARIPOS.CO.CI — Lima daerah di Sultra dianggap sangat bagus dalam hal tata kelola lingkungan dan urusan menjaga kebersihan. Ganjaran berupa penghargaan Adipura pun diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kota Kendari, Kota Baubau, Konawe, Kolaka dan Bombana dinilai memiliki kemampuan mengelola lingkungan dengan baik.

Prestasi itu diberi apresiasi oleh pemerintah pusat yang diserahkan tadi malam (2/8) dalam puncak peringatan hari lingkungan hidup (HLH). Selain lima daerah itu, satu sekolah di Kota Kendari yakni SD 9 Mandonga sukses menyabet penghargaan Adiwiyata Mandiri. Acara pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan di Aula Manggala Wana Bakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Acara yang dijadwalkan pukul 19.00 tersebut sempat molor beberapa menit dikarenakan menunggu kehadiran Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar dan sejumlah Kepala Daerah penerima penghargaan.

Istimewanya penghargaan Adiwiyata yang diperoleh olwh SD 9 Mandonga diberikan langsung oleh Presiden dipagi harinya. Dalam arahannya Presiden Joko Widodo meminta pihak sekolah untuk meningkakan kualitas pendidikan serta menyertakan pendidikan kepedulian terhadap lingkungan dalam pelajaran di sekolah.

Pada malam harinya, barulah acar puncak hari lingkungan yang dirangkaikan pemberian penghargaan Piala Adipura dan sertifikat adipura diberikan kepada daerah yang dianggap berhasil dalam pengelolaan lingkungan. Pada acara malam harinya, penghargaan Adipura tersebut diberikan langsung oleh Menter KLHK Siti Nurbaya.

Walikota Baubau memegang piala Adipura.

Khusus Sultra,  Kota Baubau dan Kendari menjadi yang pertama penerima penghargaan Piala Adipura.  Masing-masing kepala daerah kedua kota tersebut hadir langsung untuk menerima penghargaan tersebut. Sama halnya dengan Kota Kendari dan Baubau,  Kabupaten Konawe,  Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa sendiri yang menerima penghargaan tersebut dan Kabupaten Kolaka Utara juga sama,  Plh Bupati Iskandar juga hadir.

Sedangkan untuk penghargaan Kabupaten Bombana sendiri diterima oleh Kadis Lingkungan Sitti Sarpiah Rustam. “Kebetulan, Ibu Pj Bupati Bombana ada kegiatan siang tadi yakni menyambut Menteri Pertanian. Makanya amanah ini disampaikan ke kami untuk menerima sertifikat adipura,” kata Sitti Sarpiah, tadi malam, soal ketidakhadiran pimpinan daerah Bombana.

Ditemui usai acara pemberian penghargaan,  Wali Kota Kendari, Dr Asrun mengaku bersyukur atas penghargaan yang berhasil diraihnya. Menurutnya pengharaan adipura tersebut menjadi pengharaan terakhir atas prestasi pemerintah Kota Kendari dibawah kepemimpinannya. “Sembilan kali berturut-turut sudah kita mendapatkan adipura.  Ini merupakan prestasi yang luar biasa yang telah diraih oleh pemerintah Kota Kendari,” tuturnya saat saat ditemui di Aula Manggala Wana Bakti, di KLHK,  Jakarta,  tadi malam Rabu (2/8).

Luar biasanya lagi,  selain mendapatkan penghargaan adipura,  Kota Kendari juga berhasil meraih penghargaan daerah terbaik dalam pengelolaan sampah. Ia pun mengakui capaian tersebut tidak terlepas dari kinerja Almarhumah Kepala Dinas Kebersihan Kota Kendari, Tin Farida. “Beliau hebat dalam merangkul seluruh jajarannya,  mukai dari tukang sapu sampai dengan kepala bidang berhasil dia rangkul.  Semua capaian ini tidak terlepas dari kinerja beliau.  Yang berat ke depan adalah mencari pengganti beliau,” ungkapnya.

Sedangkan Wali Kota terpilih Adriatama Dwi Putra yang juga hadir tadi malam mengaku akan berusaha mempertahankan capaian itu. “Tentu kita akan meningkatkan kinerja dan tekat untuk melampaui beliau.  Namun itu semua butuh usaha yang keras,  namun paling tidak kita bisa pertahankan, ” katanya.

Senada dengan Wali Kota Kendari,  Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa juga mengaku bersyukur atas capaian kinerja satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Konawe. Menurutnya, kinerja pemerintahan dibawah komandonya telah memberikan terbaik kepada masyarakat sehingga menadapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa, (ketiga dari kiri) memegang piala Adipura.

“Adapun tanggapan yang tidak setuju,  pemerintah pusat telah membuktikan bahwa kinerja pemerintah Konawe berhasil menjalankan tugasnya. Kita tidak berhubungan langsung dengan pemerintah pusat, mereka yang menilai tanpa kita campur tangan. Ini murni dari buah kinerja baik teman-teman di daerah,” ujarnya.

Politisi PAN ini juga mengungkapkan penghargaan tersebut menjadi pelengkap kebahagian dirinya terhadap capaian kinerja pemerintah daerah.  “Penghargaan ini sudah dua kali berturut-turut kita dapatkan. Sebelumnya juga kita berhasil mendapatkan penilaian pengelolaan keuangan dengan predikat wajar tanpa pengecualian.  Ini preatasi yang luar biasa yang harus ditingkatkan atau dipertahankan,”  jelasnya.

Sama dengan tiga kepala daerah sebelumnya,  Plh Bupati Kolaka Utara Iskandar juga mengungkapkan kegembiraannya saat meraih penghargaan tersebut. “Kita bersyukur kinerja kita kembali mendapatkan penghargaan setelah sempat putus di tahun 2016. Dengan ini kita sudah 3 kali mendapatkan piala Adipura,” katanya.

Sedangkan Kadis Lingkungan Bombana Sitti Saripa Rustam mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan penghargaan tersebut.  “Ini untuk pertama kalinya pemerintah Bombana mendapatkan pengharaan sertifikat adipura,” ungkapnya.
Ia mengaharapkan kedepan juga bisa mensapatkan penghargaan piala Adipura.  “Ini menjadi stimulus bagi pemerintah Kabupaten Bombana. Ini pemacu agar kedepan Bombana bisa mendapatkan piala adipura, ” tuturnya. (yogi)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top