Kesadaran Warga Bayar PBB di Kendari Masih Minim, Realisasi Baru 13 Persen – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Kesadaran Warga Bayar PBB di Kendari Masih Minim, Realisasi Baru 13 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kota Kendari tampaknya belum bisa menjadi tumpuan pendapatan asli daerah (PAD). Pasalnya, kesadaran warga Kota Kendari membayar PBB masih sangat minim. Pemkot masih harus bekerja keras mengumpulkan pajak dari masyarakat tersebut. Sejauh ini, realisasi PBB baru mencapai sekira Rp 2 miliar lebih atau sekira 13 persen dari total target sebesar Rp 16 miliar.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari, Nahwa Umar menyesalkan minimnya kesadaran masyarakat menunaikan kewajibannya itu. Menurutnya, PBB masih minim menyumbang PAD. “Padahal potensinya besar. Ada sekira 17 ribu wajib pajak dan target kita Rp 16 miliar. Semester satu baru 13 persen yang terealisasi. Itu jumlah yang masih kecil,” ujar Nahwa Umar di ruang kerjanya, Rabu (2/8).

Untuk itu, mulai tahun ini Pemkot tidak akan lagi bersikap permisif terhadap oknum warga yang abai bayar pajak. Sanksi tegas akan diberlakukan, bahkan terberat bisa sampai penyitaan aset tanah. “Tidak bayar PBB, surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) kita tidak akan terbitkan. Dan jika sampai lima tahun tidak juga bayar, tanahnya disita pemerintah. Itu sudah sesuai pasal 33 ayat 3 UUD 1945 kita,” tambah Nahwa Umar.

Hanya saja, dirinya tetap berharap masyarakat dapat memiliki kesadaran bayar pajak. Apalagi, pemungutan PBB masih akan diberi waktu hingga September nanti. “Bulan depan jatuh temponya. Biasanya diakhir-akhir jatuh tempo baru mereka bayar. Mudah-mudahan memenuhi target,” pungkasnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top