Calon Perseorangan di Pilwalkot Baubau Harus Kumpulkan 114.466 KTP – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Calon Perseorangan di Pilwalkot Baubau Harus Kumpulkan 114.466 KTP

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Bakal Calon (Balon) Wali Kota Baubau yang akan maju melalui jalur independen nampaknya harus berjuang keras untuk bisa tembus dalam bursa pencalonan Pilwali 2018 mendatang. Pasalnya, syarat dukungan untuk jalur perseorangan terbilang cukup sulit. Setiap Balon Wali Kota harus mampu mengumpulkan 114.466 Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat utama. Hal itu diungkap Ketua KPU Kota Baubau, Dian Anggraini.

“Bagi kandidat yang akan maju melalui jalur perseorangan, wajib mengumpulkan keping KTP sesuai data pemilih terakhir saat Pilpres 2014 silam, sebanyak 114.466 orang. Demikan halnya jumlah KTP yang harus dikumpulkan,” kata Dian Anggraini saat ditemui di Sekretariat KPU.

Selain itu, lanjut wanita berhijab itu, seluruh syarat dukungan KTP tersebut harus mendapatkan 50 persen plus satu dari sebaran kecamatan. Artinya, dari delapan kecamatan yang ada di Kota Baubau, maka KTP yang dikupul harus tersebar di lima kecamatan. “Jumlah sebarannya harus di lima kecamatan. Untuk menggugurkan syarat sebaran kecamatan 50 persen plus satu,” ucapnya.

Kata dia, dua item persyaratan tersebut wajib hukumnya untuk dipenuhi oleh kandidat Balon Bupati yang ingin menempuh jalur independen. Jika salah satunya tidak dipenuhi, maka dengan sendirinya dinyatakan gugur. “Kalau jumlah KTP yang dikumpulkan sesuai syarat yang ditentukan bahkan lebih, tetapi tidak tersebar di lima kecamatan, maka tetap saja gugur, karena dianggap tidak memenuhi syarat,” pungkasnya. (ahi/b)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top