Wow ! Bangun Pabrik Gula di Konsel, Mentan Siapkan Rp 2 Triliun – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Konawe Selatan

Wow ! Bangun Pabrik Gula di Konsel, Mentan Siapkan Rp 2 Triliun

Mentan saat berada di Konawe Selatan.

KENDARIPOS.CO.OID — Kehadiran Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman di Konawe Selatan (Konsel) membawa kabar gembira bagi pemangku kebijakan di daerah itu. Sebab, menteri asal Sulawesi Selatan (Sulsel) ini mengaku telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 triliun untuk membangun pabrik gula. Anggarannya sudah ada, tinggal menunggu kesiapan pemerintah kabupaten (Pemkab) Konsel.

Amran menilai, Konsel sangat potensial untuk pengembangan pabrik gula. Kondisi ini sejalan dengan program Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menciptakan swasembada pangan, termasuk gula. “Khusus di Konsel, uangnya sudah siap, sekira Rp 2 triliun. Sekarang tinggal kesiapan Pemkab Konsel, mau atau tidak mengelolanya. Mumpung saya masih jadi menteri, maka momentum tepat untuk membangun daerah,” ungkap Amran Sulaiman saat ditemui disela mengunjungi wilayah perkebunan tebu di Kecamatan Tinanggea, Konsel, Selasa (1/8).

Selain Konsel, dua daerah lain yang juga potensial pengembangan pabrik gula adalah Bombana dan Kolaka. Kata dia, pemerintah khususnya Kementan akan turun tangan membantu pembangunan pabrik tersebut. “Tinggal menunggu waktu saja. Intinya, pabrik gula harus berdiri di Konsel,” janjinya.

Selain pabrik gula, Amran juga berkomitmen untuk mewujudkan Konsel sebagai swasembada daging secara nasional. “Saya akan buat bagaimana Konsel ini bisa gantikan negara Australia sebagai penyulai daging sapi secara nasional. Saya sudah berikan bantuannya tinggal dukungan masyarakat dan pemerintah daerah yang dibutuhkan,” terangnya.

Amran juga berharap, Pemkab Konsel bisa membantu mensukseskan swasembada padi, jagung dan kedelai. Alasannya, lanjut dia, Indonesia didatangi oleh bangsa Eropa karena rempah-rempah yang melimpah.”Ayo, munculkan kembali rempah-rempah kita. Pemerintah pusat sesuai intruksi presiden telah menyiapkan anggarannya,” katanya.

Menteri yang berlatar belakang pengusaha dan ahli pertanian itu menambahkan, pemerintah pusat telah menyediakan anggaran sebesar Rp 5,5 triliun melalui APBN-P untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah. “Peluncurannya tahun 2018 sesuai arahan presiden. Sekarang kita tidak lagi impor jagung, beras, bawang. Ini artinya kita mampu sebenarnya. Ke depan potensi rempah-rempah harus dimaksimalkan, demikian pula gula dan sapi ini,” harapnya.

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga menyambut gembira rencana Kementan tersebut. Sebab memang, rencana pembangunan pabrik gula di otoritanya sudah diimpikan sejak dulu. “Kami apresiasi dan berterimakasih kepada Mentan. Dengan senang hati kami membuka lebar dan siap bersinergi dalaam rangka mewujudkan pembangunan pabrik gula,” ucapnya.

Mantan legislator Sultra ini menambahkan, untuk produksi sapi sudah tidak ada masalah. Pihaknya telah menyiapkan lahan “ranch” atau tempat pengembalan sapi beberapa hektar di desa Anduna Kecamatan Wolasi. “Kita punya komitmen kuat mewujudkan swasembada beras dan daging,” ujarnya. Dalam kunjungan Mentan tersebut, turut didampingi Plt Gubernur Sultra HMSaleh Lasata, Pj Bupati Bombana Hj Siti Saleha, Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo dan sejumlah pejabat SKPD lingkup Pemkab Konsel. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top