Sukses Kelola Limbah Sampah di Totallang, Modal Kolut Raih Adipura ke Empat – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kolaka Utara

Sukses Kelola Limbah Sampah di Totallang, Modal Kolut Raih Adipura ke Empat

Lokasi TPA sampah di Kolut. Foto Muh Rusli/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Ada empat daerah di Sultra berhasil meraih penghargaan adipura. Salah satunya Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Prestasi ini tak lepas dari kesuksesan pemerintah kabupaten (Pemkab) Kolut mengelola limbah sambah di tempat pembuangan akhir (TPA) Totallang, Kecamatan Lasusua menjadi gas metana yang bermanfaat bagi masyarakat. Modal inilah yang mengantar Bumi Patampanua meraih adipura ke empat.

Muh Rusli, Kolut

Suasana alam di tempat pembuangan akhir (TPA) Totallang begitu tenang, kemarin (1/8). Mentari yang bersinar begitu terik tak terlalu “mengganggu” penghuni sekitar tempat itu. Bisa dimaklumi, karena hampir sekeliling tempat itu ditumbuhi pohon-pohon yang rindang, ditambah angin sepoi-sepoi sehingga menambah adem suasana.

Jarum di jam tangan yang kupakai menunjukkan pukul 10.30 wita. Tak ada manusia yang tampak beraktvfitas. Di tumpukan sampah yang menggunung, hanya ada ribuan lalat pengotor beterbangan. Sesekali menggelantung di pakaian yang kupakai. Medan TPA ini bertingkat-tingkat, dimana zona aktif itu posisinya lebih rendah, terdiri dari bak kontrol lendi (air sampah) serta sumur pantau atau monitoring yang airnya mulai menghijau dihuni beberapa ekor katak.

Di sekelilingnya, tampak rumput-rumput liar “menggerogoti” bangunan parkir armada pengangkut sampah. Sudah ada dua alat berat jenis exavator dan loader stand by di tempat itu, menanti kedatangan armada pengangkut sampah yang datang setiap saat. Selain jalan operasional, beberapa pipa paralon ukuran besar menancap ke tanah dan merambah mengitari area. Kemudian masuk menuju rumah jaga petugas setempat.

“Ada yang bisa dibantuk dek?,” tanya seorang wanita paruh baya. Belakangan kuketahui kalau namanya Masriati. Usianya 37 tahun. Dia adalah istri Bambang yang merupakan koordinator merangkap security di TPA Totallang. “Suami lagi antar anak ke sekolah. Jadi, saya gantikan jaga disini sampai dia kembali,” jelasnya.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top