September, Hanura Keluarkan SK Bacagub Usungan di Pilgub Sultra – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

September, Hanura Keluarkan SK Bacagub Usungan di Pilgub Sultra

Sabri Manomang

KENDARIPOS.CO.ID — DPD Hanura Sultra masih membuka penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023, sampai 18 Agustus mendatang. Hingga Selasa (2/8/2017), sebanyak sembilan kandidat Bacagub telah mengembalikan formulirnya, yakni, Rusda Mahmud, Ali Mazi, Lukman Abunawas, Asrun, Ridwan Bae, Supomo, Laode Ida, Laode Masihu Kamaluddin dan Hugua. Sedangkan Bacawagub Sjafei Kahar dan Oheo Sinapoy.

Ketua DPD Hanura Sultra, Sabri Manomang mengatakan, saat masih dalam kategori tahap penjaringan, pendaftaran dan pengembalian berkas. Kemudian akan dilakukan verifikasi lalu pengusulan ke DPP Hanura. Setelah itu, dilakukan survei kepada Bacagub dan Bacawagub tersebut dan kemudian pemaparan visi misi. Baru DPP Hanura berkoordinasi dengan DPD Hanura untuk memintai atau memberikan masukan dan kemudian DPP bisa mengusung calon.

Hanura lanjut dia, biasanya yang paling tercepat mengeluarkan rekomendasi. Mengingat pengajuan Bacagub dan Bacawagub awal bulan ditahun 2018, maka beberapa bulan sebelumnya pihaknya sudah merekomendasikan atau mengusung figurnya. Jika melihat realitas parpol lainnya, bercermin pada Pilgub sebelumnya bahkan ada H-7 atau H-1 pun ada. “Kalau kita (inginkan) adalah bulan sembilan (September) dan paling lambat bulan sepuluh (Oktober), mengeluarkan SK,” katanya saat ditemui di DPD Hanura Sultra.

Kata dia, partainya tidak akan seperti lainnya dengan memberikan SK rekomendasi atau surat tugas untuk mencari koalisi. Namun, adalah SK pengusungan cagub dan cawagub. “Jadi, kalau kami langsung keluarkan SK pengusungan (mengusung calon),” jelasnya. Dijelaskannya, mengenai koalisi juga tak menjadi masalah rumit, namun itu akan mencair seiring berjalannya waktu. Entah itu partai apapun, tetap terbuka diterima. Kata dia, calon figur yang diusung nantinya tentu memiliki kriteria. Mulai dari yang memiliki potensi besar untuk menang, berintegritas, dan punya visi misi untuk Sultra kedepannya. “Jadi, koalisi cair bersama partai apa saja, figurnya juga memiliki peluang menang besar, berintegritas dan punya visi misi besar,” ungkapnya.

Hanura juga memastikan tidak ada kader yang diusung. Namun demikian, jika ada diantara kandidat yang memiliki survei elektabilitas tinggi, dan pada saat itu juga menginginkan Wagubnya harus dari Hanura, maka akan diterimanya. “Dan hanya Pak Ketua DPD Hanura (Sabri Manomang) yang siap dan paling pantas diusung,” sambung Ketua Tim Penjaringan Bacagub DPD Hanura Sultra, diwaktu bersamaan. (wan/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top