Menyambut HUT RI, 72 Personel Paskibra di Konawe Dilatih – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Konawe

Menyambut HUT RI, 72 Personel Paskibra di Konawe Dilatih

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
Pabung Kodam Hasanuddin Konawe, Mayor Inf. Sutejo (kiri) saat melatih langsung 72 personel Paskibra, selasa(1/8).

KENDARIPOS.CO.ID — Persiapan seremoni peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI) mulai dimatangkan. Di Konawe, latihan bagi pasukan pengibar bendera (Paskibra) sudah dilakukan dan ditangani langsung pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI). Perwira Penghubung (Pabung) Kodam Hasanuddin Konawe, Mayor Inf. Sutejo mengatakan, seluruh personel merupakan hasil seleksi 16 sekolah yang ada.

“Dilakukan dalam dua tahap, pertama di sekolah masing-masing dan sebanyak 180 siswa terdaftar. Lalu seleksi kedua di Kantor Dispora dan terpilih 72 orang, yakni 70 pasukan utama serta dua cadangan. Semua dipilih yang terbaik, tidak ada tebang pilih atau siswa titipan,” ujar Sutejo, Selasa (1/8).

Setelah seleksi, para personel Paskibra langsung dikarantina sejak 27 Juli hingga 18 Agustus nanti. “Kita termasuk paling terlambat karena pelatihan baru berjalan empat hari. Padahal daerah lain sudah sejak dua minggu lalu,” bebernya.

Saat ini pihaknya masih mengajarkan latihan dasar militer baris berbaris serta persiapan fisik dan mental. “Nanti tanggal 4 Agustus baru kita fokus latihan formasi. Kelompok 17 mengawal pembawa bendera yang berjumlah delapan orang dan kelompok 45 mengawal dari belakang. Meski terlambat, saya optimis mereka bisa siap dua minggu lagi, apalagi latihannya pagi dan sore, setiap hari. Tentunya gizi mereka juga kita perhatikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Konawe, Ujung Lasandara mengakui, proses latihan diserahkan sepenuhnya pada TNI. Sedangkan untuk administrasi dan anggaran dikelola Dispora. “Untuk Paskibra Konawe disiapkan Rp 800 juta, semua sudah termasuk akomodasi makan, penginapan, pakaian latihan, pakaian putih dan honor. Semua sudah kita tender dan paling pertama selesai itu pakaian putih mereka sekitar Rp 200 juta,” rincinya. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top