Kenaikan Tunjangan DPRD di Konsel Tunggu Perkada – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe Selatan

Kenaikan Tunjangan DPRD di Konsel Tunggu Perkada

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kiri) menandatangani penyerahan Perda hak keuangan dan administratif pimpinan serta anggota dewan.

KENDARIPOS.CO.ID — Peraturan daerah (Perda) hak keuangan dan administratif pimpinan serta anggota DPRD Konawe Selatan (Konsel) tuntas dibahas. Dalam Perda yang baru saja ditetapkan itu, membahas rencana kenaikan tunjangan anggota parlemen. Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo mengungkapkan, rencana kenaikan tunjangan tersebut bukan keinginan pihak legislatif, tetapi berdasarkan peraturan pemerintah tentang hak keuangan dan administratif dewan nomor 18 tahun 2017.

“Namun itu kita masih menunggu peraturan kepala daerah (Perkada) tentang kemampuan keuangan. Karena untuk kenaikan gaji atau tunjangan dewan ini ada rumusnya. Dilihat dari postur APBD Konsel yang berjumlah Rp 1,3 triliun, setelah itu dikurangi dengan belanja pegawai. Dari situ baru dihitung berapa persen kenaikan tunjangan. Namun saat ini kita belum bisa menghitung berapa total belanja pegawai daerah,” tuturnya, selasa(1/8).

Kenaikan tunjangan itu nantinya meliputi biaya transportasi, dana reses dan kelengkapan rumah tangga. Untuk transportasi akan diberikan pada anggota dewan, dengan catatan semua mobil dinas ditarik. “Jadi sebenarnya hampir sama hitungannya. Karena yang pakai mobil dinas hanya Ketua DPRD. Sementara yang lain diberi tunjangan transportasi. Termasuk kelengkapan rumah tangga. Yang diberikan tunjangan itu karena tak memiliki rumah dinas,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga ketika dikonfirmasi mengaku, pihaknya belum bisa menghitung berapa proyeksi kenaikan penghasilan anggta DPRD. “Tabelnya sudah ada. Itu bukan keinginan DPRD tapi dari pemerintah. Namun saya belum bisa hitung berapa nominalnya. Karena kita masih akan melihat kemampuan daerah serta regulasi dari Kemendagri,” ungkapnya. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top