Pariwara
Buton Selatan

Pemkab Busel Bentuk Tim Saber Pungli

Bupati Busel, Agus Feisal Hidayat

KENDARIPOS.CO.ID — Pembentukan tim sapu bersih (Saber) pungutan liar (Pungli) untuk mencegah praktik tersebut dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel). Langkah itu sekaligus menindaklanjuti kebijakan pusat terkait pemberantasan Pungli di lingkup pemerintahan masing-masing.

Bupati Busel, Agus Feisal Hidayat mengatakan, praktik Pungli merupakan momok yang merusak tatanan kehidupan masyarakat dan pemerintahan. Makanya, perlu dilakukan pemberantasan secara tegas, terpadu dan efisien agar bisa memberikan efek jera bagi para pelaku. “Kepada tim Saber Pungli yang baru terbentuk agar dapat menjalankan tugas dengan baik. Setiap aduan masyarakat yang masuk harus direspon dengan cepat,” ujarnya dalam pembentukan Tim Saber Pungli tersebut di Lapangan Lakarada, Busel, Senin (31/7).

Agus Feisal berharap, seluruh aparatur pada instansi yang ada dapat memberikan pelayanan maksimal, tanpa melakukan praktik Pungli. “Tim Saber memiliki wewenang membangun sistem pencegahan dan pemberantasan dengan melakukan pengumpulan data, informasi, koordinasi dan operasi tangkap tangan,” tegas Busel-1 tersebut.

Agus Feisal juga menjelaskan, tim tersebut dapat memberikan rekomendasi pada kepala daerah untuk menjatuhkan sanksi ke pelaku Pungli sesuai ketentuan perundang-undangan. Kepala Bagian Hukum Pemkab Busel, La Ganefo mengatakan pembentukan Saber Pungli tersebut melibatkan seluruh unsur Muspida. “Mulai dari pemerintah, kepolisian, TNI, pengadilan dan kejaksaan. Mulai Selasa 1 Agustus sudah resmi menjalankan tugas,” timpal Ganefo. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top