Harga Emas Terus Naik Dalam Sebulan Terakhir – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

Harga Emas Terus Naik Dalam Sebulan Terakhir

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
Salah satu Toko Emas di Pasar Basah Mandonga, senin (31/7).

KENDARIPOS.CO.ID — Harga emas nasional terus bergerak naik secara signifikan. Terbaru, per tanggal 31 Juli kemarin harga jual emas 23 karat versi Pegadaian Syariah telah mencapai Rp 573 ribu per gram. Kendatipun ada penurunan Rp 1000 dibanding hari sebelumnya, namun dalam sebulan terakhir grafik menunjukkan peningkatan yang cukup pesat.

Di sisi lain, harga jual emas versi toko juga mengalami hal serupa. Per gram emas 23 karat dibandrol dengan harga Rp 550 ribu. Salah satu pedagang di Pasar Basah, Nani mengatakan, beberapa waktu lalu harga jualnya masih di kisaran Rp 520 ribu per gram dan mengalami kenaikan Rp 30 ribu hingga Senin(31/7). Hal senada juga diungkapkan oleh Hj. Wati, salah satu pedagang emas yang juga berjualan di tempat yang sama.”Iya harganya naik terus,” kata Nani.

Pemimpin Cabang Syariah Kendari PT. Pegadaian (persero), A. Indrasafri S. mengatakan, banyak faktor yang mempengaruhi kenaikan harga jual emas. Salah satunya, perubahan suku bunga dolar Amerika Serikat (AS). Selain itu, perubahan kurs dolar juga sangat berpengaruh karena jika nilai tukar dolar jatuh maka harga emas dunia pun semakin murah. Sehingga, permintaan di pasar jadi meningkat. “Permintaan pasar yang meningkat tajam jelas mendorong naik harga emas,” katanya.

Selain itu, situasi Politik pun turut berpengaruh. Seperti yang terjadi tahun lalu, saat Donal Trump terpilih sebagai presiden baru AS. Dengan kondisi tak terduga ini, nilai tukar dolar terhadap rupiah melemah. Sehingga harga emas ikut terpengaruh. “Nah permintaan pasar juga berpengaruh. Kalau untuk lokal Indonesia tidak terlalu berpengaruh,” tutupnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top