Dana Desa 2017 Tahap I di Muna Baru Cair – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Muna

Dana Desa 2017 Tahap I di Muna Baru Cair

KENDARIPOS.CO.ID — Jika di daerah lain, pencairan Dana Desa (DD) tahun 2017 sudah dilakukan, maka di Kabupaten Muna baru saja terealisasi akhir Agustus. Pada tahap awal, Rp 500 juta diplot bagi tiap-tiap desa untuk membangun infrastruktur sesuai kebutuhan masyarakat. Anggaran tersebut memang tak dicairkan sekaligus ke rekening desa, melainkan sesuai permintaan yang diajukan ke tim pengelola kegiatan.

Manajemen pencairan anggaran berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal itu dilakukan agar terhindar dari pengelolaan yang tak transparan. Selain itu, agar dana lebih tepat sasaran serta tertib adminstrasi. “Misalnya dalam rencana pembangunan, Kades ajukan Rp 100 juta. Maka dicairkan dalam jumlah tersebut. Tidak sekaligus cair Rp 500 juta. Kades juga harus paham administrasi,” terang Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Muna, Rustam, Senin (31/7).

Pihaknya juga telah mengingatkan para Kades dalam setiap pertemuan yang dilakukan. “Pemerintah desa wajib mempublikasikan APBDes ke masyarakat dengan memajang baliho besar serta papan proyek pada setiap kegiatan fisik,” kata mantan Kabid BPMPD itu.

Rustam menegaskan, untuk mengajukan permintaan pencairan anggaran lagi, maka pihaknya tidak hanya meminta laporan realisasi, melainkan pertanggungjawaban. Sebab, berdasarkan pengalaman, laporan realiasasi tidak tertib administrasi. Meski DD telah cair, kata Rustam, masih ada beberapa desa yang belum menyelesaikan laporan administrasi. Namun ia memastikan, pekan ini sudah dapat dirampungkan. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top