682 Calon Haji Kendari Dilepas, Suhu 50 Derajat Sambut Jamaah di Makkah – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

682 Calon Haji Kendari Dilepas, Suhu 50 Derajat Sambut Jamaah di Makkah

Suasana pelepasan jamaah calon haji Kota Kendari. Foto : Angga/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Jika tak ingin menuai masalah dengan pihak Imigrasi Arab Saudi, jamaah calon haji dilarang membawa barang berupa makanan dan obat-obatan dalam jumlah berlebihan. Barang bawaan dalam jumlah banyak bisa memancing kecurigaan pihak Imigrasi di terminal kedatangan. Bisa saja dilakukan barang bawaan dibongkar dan hal ini cukup merepotkan sebab butuh waktu lama untuk distribusi calon haji ke pemondokan. Selain itu, Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) bakal tertahan karena harus mengurus barang bawaan calon haji.

Sebanyak 682 calon haji asal Kota Kendari akan diberangkatkan pada 11 hingga 13 Agustus mendatang. Para jamaah diimbau agar memperhatikan barang bawaan pada penerbangan ke tanah suci nantinya. Barang berbahan logam, cairan, dan bahan berbahaya lainnya diminta untuk tidak dibawa oleh para jamaah.

Imbaunan itu diungkapkan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Kendari, Sunardin. Jamaah diminta tidak membawa barang berlebihan. Sesuai ketentuan, berat maksimal bawaan hanya 35 kilogram. Jika lebih dari batas maksimal maka akan dibongkar oleh petugas bandara.

“Jangan berlebihan dan jangan bawa logam seperti korek api, benda tajam, madu, jamu, atau cairan lain seperti parfum tidak boleh lebih 100 cubic centimeter (CC). Barang jamaah akan diperiksa ketat, dan jika ditemukan barang berbahaya, itu akan merepotkan lagi. Semua itu akan diperiksa sebelum berangkat ke embarkasi. Petugas bandara juga akan memeriksa,” ujar Sunardin.

Begitu pun saat pulang dari Saudi, jamaah diminta tidak membawa barang berlebihan dan benda mencurigakan lainnya. Jamaah dibolehkan membawa air zam-zam sesuai ketentuan otorita Saudi. “Jamaah hanya diizinkan membawa lima liter air zam-zam. Kalau lebih akan ditahan barangnya,” papar Sunardin.

Selanjutnya, hingga waktu keberangkatan nantinya, jamaah harus menjaga kondisi badan untuk tetap fit dan prima. Sebab, kondisi cuaca di tanah suci kabarnya mencapai 42 hingga 50 derajat celcius. Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Asrun melepas secara simbolis 682 calon haji. Acara pelepasan digelar di Taman Kota Kendari.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Kendari dua periode itu berharap seluruh jamaah haji sungguh-sungguh menunaikan ibadah haji. Prosesi ibadah haji, katanya harus diikuti dengan khidmat jika ingin menjadi haji mabrur. “Naik haji itu mimpi semua orang, tetapi tidak semua bisa berangkat. Kesempatan ini harus dimanfaatkan. Kita berharap semua haji mabrur,” ujar Asrun dalam sambutannya, Senin (31//7).

Asrun juga berharap, dalam menjalankan ibadah di tanah suci, jamaah tidak lupa memanjatkan doa untuk kesejahteraan masyarakat Kota Kendari. Dia juga minta untuk didoakan agar dapat bermanfaat bagi masyarakat Sultra. Baginya, pengabdian harus tetap berlanjut tidak saja untuk masyarakat Kendari tetapi seluruh warga Sultra.

“Saya berharap dapat didoakan agar selalu sehat dan mendapat lindungan Allah SWT. Sebagai manusia, kita harus bisa bermanfaat bagi masyarakat luas, itu sesuai hadis Rasul. Untuk itu, para jamaah agar sekiranya bisa mendoakan kelancaran hajatan yang kami hadapi,” ungkap Asrun. (Alfin)

Barang Bawaan Jamaah
a. Berat maksimal 35 kilogram
b. Dilarang membawa benda seperti :
– Logam
– Madu, jamu atau cairan lain lebih dari 100 CC
– Jimat
– Narkoba
– Sajam
– Air zam-zam maksimal lima liter
– Korek api
Jadwal Berangkat Calon Haji asal Kendari
a. Jumlah calon haji 682 orang
b. Kloter 19
– Hari Jumat, 11 Agustus 2017
– Pukul : 10. 00 Wita dan pukul 14.35 Wita
cKloter 20
– Hari Minggu, 13 Agustus 2017
– Pukul 10.00 Wita dan pukul 13.00 Wita
d.Total perjalanan 41 hari (2 hari perjalanan PP)

Sumber : Kemenag Kota Kendari

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top