Gagas Normalisasi Tiga Sungai, Kadis PU Kendari : Rumah yang Berdekatan Harus Dibongkar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Gagas Normalisasi Tiga Sungai, Kadis PU Kendari : Rumah yang Berdekatan Harus Dibongkar

Kepala Dinas PU Kota Kendari, Faisal Alhabsy

KENDARIPOS.CO.ID — Langkah penanganan banjir secara komprehensif mulai diupayakan Pemerintah Kota Kendari. Saat ini, perencanaan revitalisasi sungai sudah mulai dibahas. Rencananya dari 13 sungai yang mengalir di Kota Kendari, Pemkot mulai melakukan revitalisasi pada tiga sungai. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Kendari, selaku pelaksana teknis program penanganan banjir sudah berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Provinsi Sultra.

Dinas PU ingin mendapatkan data yang lebih detail dari BWS Sultra agar memudahkan perencanaan revitalisasi tersebut. Tiga sungai itu yakni, Sungai Lasolo, Sungai Kadia dan Sungai Sodoha. Sesuai rencana, revitalisasi tiga sungai tersebut akan dimulai 2018. Dan berdasarkan perencanaan akan menelan angaran sekira Rp 100 miliar. “Kita mulai di tiga sungai tadi. Revitalisasi itu bisa berupa pengerukan maupun normalisasi aliran,” jelas Faisal Alhabsy, Kepala Dinas PU Kota Kendari, kepada Kendari Pos.

Besarnya anggaran yang dibutuhkan bukan semata-mata pekerjaan fisik tetapi terkait pembebasan lahan warga yang berada di bantaran sungai. Sebab itu, Dinas PU akan betul-betul melakukan perencanaan secara matang. “Tidak bisa tidak, perumahan yang berdekatan di bibir sungai harus dibongkar. Masalahnya sekarang, sungai menyempit, sehingga jika hujan turun, air permukaan tidak bisa lagi tertampung,” ungkap Faisal Alhabsy. Selain normalisasi sungai, Dinas PU juga menargetkan pembenahan sistem drainase. “Jadi sungai itu saluran primer, drainase sekunder. Semuanya harus dibenahi, tidak bisa satu-satu,” pungkasnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top