Empat Program Warnai BUMN Hadir untuk Negeri – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Empat Program Warnai BUMN Hadir untuk Negeri

Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos
Delegasi Sultra tengah latihan tari lulo yang akan ditampilkan saat perkenalan budaya yang akan dilaksanakan di Jatim melalui program BUMN Hadir untuk Negeri.

KENDARIPOS.CO.ID — Event BUMN Hadir untuk Negeri kembali digelar secara meriah. Khusus tahun ini, empat program mewarnai perayaan. Salah satunya, Siswa Mengenal Nusantara yang jadi ajang perkenalan budaya antar dua wilayah, Sultra dan Jawa Timur (Jatim). Sesuai tagline, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) senantasa hadir menebarkan manfaat untuk segenap nusantara, termasuk bidang sosial dan budaya.

Tahun ini, PT Pegadaian (Persero) didampingi PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) didaulat sebagai penanggung jawab program Siswa Mengenal Nusantara di wilayah Sultra. Manajer Bina Lingkungan dan CSR Kantor Pusat PT Pegadaian (persero), Yulfitra menjelaskan, ini adalah program pertukaran pelajar. Sebanyak 20 siswa SMA, SMK dan SMALB, 2 guru teladan dan 1 perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra masuk ke dalam kontingen yang diberangkatkan pada hari Minggu (30/7) ke Jatim.

“Pembekalan budaya Sultra yang akan ditampilkan di Jatim sudah dimulai sejak Sabtu (29/7), Tari Lulo yang ditonjolkan. Malamnya, bertempat di Zahra Hotel Syariah Kendari, siswa kembali diberi tambahan pembekalan sekaligus acara pelepasan.

Person In Charge (PIC) lokal program BUMN Untuk Negeri, Anwar Yusuf menambahkan, pelajar Sultra yang berjumlah 20 orang diseleksi dari 17 kabupaten/kota se Sultra. Khusus dari Kota Kendari ada perwakilan 2 siswa berkemampuan khusus. Selain itu, ada 2 guru teladan yang telah lolos seleksi tambah 1 pendamping dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra. “Jadi, totalnya ada 23 peserta yang didelegasikan ke Jatim,” singkatnya.

Sebaliknya, delegasi Jatim yang tiba di Kota Kendari, kemarin (30/7) berjumlah 38 orang dan didampingi tiga gurunya. Hari pertama, mereka dijadwalkan mengunjungi Kantor Gubernur Sultra, lalu ke Taman Budaya untuk diperkenalkan dengan budaya lokal Bumi Anoa. Selanjutnya, bertandang ke Dewan Kerajinan Nasional. Sedangkan hari kedua akan diisi dengan kunjungan ke SMAN 4 Kendari sebagai representasi dari seluruh sekolah se Sultra. Berlanjut dengan pengenalan BUMN.

“Mereka kami ajak langsung ke outlet BUMN dalam hal ini Pegadaian. Setelah itu, ke nasabah binaan. Terakhir ke museum,” terang Anwar.

Pada hari ketiga, Kota Baubau jadi tujuan, yakni Keraton Buton, pabrik aspal dan rekreasi ke Pantai Nirwana. Saat kembali ke Kota Kendari pada hari berikutnya dilanjutkan dengan kunjungan ke PT Antam. “Minggu pagi (30/7) kontingen Sultra kami berangkatkan dan siangnya perwakilan dari Jatim kami jemput. Nah, pada tanggal 5 Agustus keduanya akan kami pertemukan,” tambahnya.

Sejatinya, BUMN Hadir untuk Negeri yang telah ada sejak beberapa tahun silam adalah bentuk apresiasi dari Kementerian BUMN. Artinya, ada sisi lain yang harus ditonjolkan oleh BUMN dan bukan semata menjalankan usaha milik negara. Dengan program Siswa Mengenal Nusantara, ia berharap kearifan lokal mampu terangkat dan menumbuhkan kecintaan terhadap budaya nusantara di kalangan generasi muda. Harapannya, program terus berlanjut dan mengekspos budaya lokal Sultra ke kancah nasional bahkan ke mancanegara.

Group Head Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Reasuransi Indonesia Utama (persero) sekaligus co-PIC, Fredi Aris Setiawan menuturkan, selama berada di Jatim, pelajar Sultra akan mempelajari semua adat istiadat dan budaya yang ada disana sekaligus mengenalkan budaya Sultra. Katanya, siswa ditugaskan menyusun laporan berupa diary perjalanan. “Nantinya diary akan diperlombakan di tingkat kementerian,” ujarnya antusias.

Sambung Yulfitra, program kedua yang mengisi BUMN Hadir Untuk Negeri adalah Bedah Rumah Veteran yang sejatinya telah dimulai sejak bulan Januari lalu namun pada bulan Mei mengalami revisi dari pusat. Awalnya sekira 52 rumah veteran Sultra akan dibedah namun dengan revisi program dialihkan ke 42 rumah veteran di Jawa Barat. “Kita hadir untuk memberi arti bagi masyarakat,” singkatnya.

Pada tanggal 13 Agustus, Gerak Jalan Sehat dan bagi-bagi doorprize di pelataran parkir eks MTQ Kota Kendari menghimpun segenap warga metro dalam pagelaran BUMN Hadir Untuk Negeri. Puncaknya tanggal 17 Agustus, pelaksanaan upacara bendera yang digelar hikmat di Kota Baubau. “Kami harap semua berjalan lancar,” bebernya.

Sementara itu, Direktur PT Pegadaian, Harianto Widodo saat ditemui usai pembukaan program Siswa Mengenal Nusantara di Sultra, Minggu (30/7) malam di Grand Clarion Hotel Kendari, berharap generasi penerus bangsa harus mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa tercinta Indonesia sekaligus terus memajukan peradaban bangsa. Harapan ini juga menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan mengenai peran BUMN dalam turut serta membangun kapasitas Nasional (National Capacity Building) melalui generasi muda penerus bangsa. (kmr/feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top