DKP Konawe Kembangkan Kebun Tanpa Pestisida – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Konawe

DKP Konawe Kembangkan Kebun Tanpa Pestisida

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muh. Akbar (kiri) mendampingi Bupati, Kery Saiful Konggoasa (kedua dari kiri) saat melakukan panen sayuran di kebun contoh yang mereka gagas.

KENDARIPOS.CO.ID — Inovasi dalam menciptakan variasi sumber makanan alternatif terus dilakukan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Konawe. Salah satu program untuk menunjang misi ketahanan pangan itu dilakukan dengan membuat kebun contoh pada lingkungan perkantoran pemerintah.

Kepala DKP Konawe, Muh. Akbar menjelaskan, untuk mengaplikasikan program tersebut tak bisa hanya sekadar imbauan dan bahasa kualitatif, namun harus dengan bentuk fisik tata cara pemeliharaan serta data kuantatif kebutuhan masyarakat. Sehingga dapat diketahui standar pangan yang harus terpenuhi dan target capaian jelas setiap tahun.

“Ya, jangan sampai pintar bicara di luar, sementara kebun kita tidak punya proyeksi, jadi harus seimbang antara teori dan praktik. Setelah berdiri sendiri, kami fokus bagaimana menciptakan dan meningkatkan jumlah kawasan sumber pangan. Ini jadi tindak lanjut dari kawasan rumah pangan lestari (KRPL) yang ada di masyarakat. Supaya mereka bisa mengembangkan cara bertaninya. Apalagi zaman sekarang semakin canggih dan tanaman bisa tumbuh di mana saja, asal tahu caranya,” beber Akbar, panjang lebar, akhir pekan lalu.

Menurutnya, saat ini penggunaan pestisida sudah umum di kalangan petani, sehingga tugas mereka untuk kembali memperkenalkan sistem bercocok tanam berbasis organik, tanpa bahan kimia. “Pangan di kebun contoh ini semua tanpa pestisida. Jadi, sayuran dan buah yang ada lebih segar dan tentu baik untuk tubuh sehingga bisa menunjang peningkatan angka harapan hidup masyarakat Konawe,” ungkap mantan Kabag Umum Setkab Konawe itu.

Sebagai tindak lanjut kebun contoh tersebut, Akbar berencana pada program tahun 2018 nanti, pihaknya akan membuka lahan tersebut untuk umum, agar masyarakat bisa melihat dan belajar secara langsung. “Kami harap, nantinya sudah bisa mengundang masyarakat dan anak sekolah supaya datang belajar langsung di kebun contoh ini. Kami berencana membuat kebun terpadu, tidak hanya ada unsur pertanian, namun ada juga pihak peternakan dan perikanan di dalamnya, sehingga memerlihatkan miniatur sirkulasi pangan dan daging di Konawe,” tandasnya. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top