Cegah PTM, Pemkab Kolaka Budayakan Germas – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Kolaka

Cegah PTM, Pemkab Kolaka Budayakan Germas

KENDARIPOS.CO.ID — Saat ini Indonesia menghadapi transisi dari gangguan virus menular ke penyakit tidak menular (PTM). Kondisi ini dibuktikan dengan terjadinya perubahan pola penyakit seperti hipertensi dan diabetes melitus yang tiga tahun belakangan ini mengalami peningkatan signifikan. Penyakit tersebut diprediksi akan lebih meningkat seiring perubahan perilaku hidup sehat masyarakat.

“Agar dapat terhindar dari PTM, maka mulai sekarang kita harus membudayakan dan melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Kegiatan utama Germas yakni dengan olah raga, mengonsumsi sayur dan buah, serta melakukan pemeriksaaan kesehatan secara berkala,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setkab Kolaka, H. Muhammad Bakri saat menghadiri pencanangan Germas Kabupaten Kolaka di Desa Popalia, Kecamatan Tanggetada Sabtu (29/7).

Mantan Kadis Kehutanan Kolaka tersebut mengatakan, Germas sejalan dengan program prioritas Pemkab saat ini. Pemenuhan pelayanan kesehatan berkualitas, peningkatan akses pelayanan dengan perbaikan infrastruktur serta sumber daya tenaga kesehatan sampai ke tingkat desa merupakan upaya yang sedang dilakukan. “Kesehatan masyarakat itu penting, makanya program ini kami jadikan prioritas,” tegas Bakri.

Di tempat yang sama, Asisten III Setprov Sultra, I Ketut Puspa Adnyana menuturkan, pada era tahun 1990-an penyebab kematian dan kesakitan terbesar adalah penyakit menular seperti infeksi saluran pernapasan, TBC dan diare. Namun sejak tahun 2010, pergeseran pola penyakit menular ke PTM mengakibatkan beban pada pembiayaan dibidang kesehatan. Olehnya itu, agar PTM di Sultra dapat ditekan, ia meminta agar Germas terus disosialisasikan.

“Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan serta kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga sebagai bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian untuk meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan kesehatan,” ujarnya. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top