Ayo Simak Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Penderita Diabetes – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kesehatan

Ayo Simak Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Penderita Diabetes

KENDARIPOS.CO.ID — Kehilangan berat badan bagi penderita diabetes bisa menjadi tugas yang sedikit sulit. Sebuah studi baru-baru ini menemukan mengonsumsi makanan vegetarian berbasis tumbuhan bisa membantu Anda menurunkan berat badan 6 kg dalam waktu enam bulan. Temuan dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok diet vegetarian kehilangan berat badan hampir dua kali lipat, sebesar 6,20 kg, dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet diabetes tradisional, dengan penurunan berat badan rata-rata 3,19 kg, meskipun mereka mengonsumsi energi dalam jumlah yang sama.

Peserta penelitian, 74 orang dewasa dengan diabetes tipe 2, menerapkan diet rendah kalori selama enam bulan. Setengah dari peserta penelitian ini mengadopsi diet vegetarian dan separuh lainnya menerapkan diet diabetes konvensional. Kelompok vegetarian mampu mengurangi lemak subfascial, jenis lemak yang melapisi otot dan lemak intramuskular yang tersimpan di otot pada tingkat yang lebih tinggi daripada mereka yang mengikuti diet diabetes konvensional.

Kedua kelompok tersebut sama-sama mampu mengurangi lemak subkutan, jenis lemak yang tersimpan di bawah kulit. Tim peneliti kemudian menganalisis komposisi paha peserta pada awal penelitian, pada tiga bulan dan enam bulan penelitian dengan menggunakan magnetic resonance imaging. Hasilnya menunjukkan perubahan pada lemak subkutan dan subfascial berkorelasi terhadap perubahan HbA1c, glukosa plasma dan sensitivitas insulin sel β, penanda metabolisme dan kontrol gula darah.

“Kehilangan lemak otot mampu meningkatkan sensitivitas insulin,” kata penulis studi utama, Hana Kahleova, seperti dilansir laman India Times, Kamis (27/7). Contoh rencana makan nabati terdiri dari roti gandum yang dimasak dengan plum dan almond untuk sarapan, sup miju-miju dengan wortel dan kol untuk makan siang, nasi merah dengan tahu diasinkan dan taoge untuk makan malam dan sayuran, buah-buahan dan wortel dengan hummus untuk makanan ringan.

Mereka yang berada dalam kelompok diet vegetarian mampu mempertahankan lingkar pinggang mereka sebesar 6 cm, sementara kelompok diet diabetes tradisional mempertahankan hanya sebesar 5 cm, setahun setelah studi tersebut. HbA1c meningkat pada kedua kelompok, namun kelompok diet vegetarian cenderung tidak meningkatkan pengobatan diabetes atau kadar insulin mereka setahun setelah intervensi.(fny/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top