Kibarkan Merah Putih di Halaman Rumah dan Perkantoran ! – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Kibarkan Merah Putih di Halaman Rumah dan Perkantoran !

KENDARIPOS.CO.ID — HUT RI tepat 17 Agustus nanti. Jauh sebelumnya, masyarakat dan pemerintah sudah menggelar beragam kegiatan untuk menyambut HUT RI. Untuk menumbuhkan spirit nasionalisme yang mulai terkikis, Pemprov Sultra mengimbau masyarakat agar mengibarkan bendera merah putih di halaman rumah masing-masing dan kantor pemerintahan serta swasta.

Selain itu, masyarakat menggelar berbagai lomba di lingkungan tempat tinggal. Itu dimaksukan agar semangat nasionalisme sebagai bangsa dan negara yang berdaulat kembali menggelora. Imbauan itu disepakati bersama dalam rapat pemantapan acara HUT RI tingkat Provinsi Sultra, Jumat (28/7).

“Kalau upacara bendera saja itu terkesan hanya seremoni. Harusnya ada lomba-lomba. Itu semua kita serahkan ke RT/RW, di desa-desa, antar kecamatan hingga kabupaten kota. Sebaiknya ada lomba. Walaupum hanya panjat pinang, olahraga. Yang penting suasana 17-an ini dibuat semarak supaya kita merasakan ada spirit besar di dalamnya,” ujar Lukman Abunawas, Sekprov Sultra saat memimpin rapat pemantapan kegiatan HUT RI lingkup Pemprov Sultra.

Sementara itu, Komandan Korem 143 HO, Kolonel Inf. Andi Perdana Kahar mengungkapkan pihaknya akan menyiapkan atraksi menarik usai upacara kemerdekaan itu. Pementasan sosiodrama yang bertema pahlawan Sultra dalam perjuangannya membantu perang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. “Saat ini masih dirumuskan siapa tokoh yang diangkat,” ungkapnya.

Dia sepakat dengan imbauan Sekprov Sultra dan Polda Sultra yang disampaikan dalam rapat terkait mengisi kemerdekaan dengan berbagai lomba olahraga atau permainan tradisional. Dia meyakini hal itu akan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa. “Di lingkungan pendidikan sangat perlu ditanamkan itu,” katanya.

Alumnus SMPN 1 Kendari itu mengimbau masyarakat agar tak menunggu instruksi langsung pemerintah untuk mengibarkan bendera merah putih di halaman rumah dan kantor masing-masing. Sebaiknya begitu masuk bulan Agustus, pengibaran bendera merah putih sudah dilakukan atas inisiatif masyarakat. “Bendera merah putih ini identitas kita. Kibarkanlah meski belum ada instruksi,” pungkasnya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top