Adrian Aryaputra, Juara Matematika Internasional dari Kota Kendari, Siapkan Diri Ikut Lomba di Amerika – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Adrian Aryaputra, Juara Matematika Internasional dari Kota Kendari, Siapkan Diri Ikut Lomba di Amerika

Adirian Aryaputra bersama Kepala SMP Frater Kendari, Yoseph Lenamah saat mengikuti olimpiade Matematika di Vietnam, tengah bulan lalu. Di kompetisi ini, Adrian membawa pulang medali perunggu. Foto : ADRIAN FOR KENDARI POS

Matematika adalah bagian hidup Adrian Aryaputra Hamzah. Berkat ilmu hitung itulah, ia menjejak Vietnam. Berkompetisi di level internasional, bersaing dengan ratusan anak. Prestasipun dibawanya pulang.

Wa Ode Isma, Kendari

Bocah jenius itu sudah pulang ke tanah airnya. Senyum tak pernah lepas dari bibirnya saat ia tiba kembali di sekolahnya di SMP Frater, Kendari, Senin (24/7) lalu setelah dua pekan sebelumnya mengikuti kompetisi matematika di World Mathematic Invitational (WMI) 2017 Ho Chi Minh City, di Vietnam. Seperti sebuah mimpi yang jadi nyata, ia malah juara di kompetisi itu.

Kompetisi yang digelar selama empat hari, sejak 14-18 Juli itu diikuti 10 negara yaitu Indonesia, Amerika Serikat, Iran, China, Taiwan, Hongkong, Macau, Malaysia, Filipina dan Thailand. “Puji Tuhan, saya bisa dapat medali perunggu ini,” kata remaja berusia 13 tahun ini, kala berbincang dengan Kendari Pos, Rabu (26/7) lalu, dengan nafas masih ngos-ngosan karena berlari dari kelasnya menuju ruang kepala sekolah.

Adrian mengaku seperti tidak percaya ketika diumumkan sebagai salah satu pemenang dalam kompetisi itu. Bukannya tidak yakin dengan kemampuannya, tetapi karena itu adalah ajang unjuk kebolehan yang baru pertama kalinya ia ikuti di level yang sangat tinggi. “Bisa masuk sebagai salah satu perwakilan Indonesia saja sudah senang luar biasa,” papar anak pasangan Hasmun Hamzah dan Joselin Harjono itu.

Remaja berkaca mata itu riang sekali saat diminta bercerita pengalamannya selama di Vietnam. Katanya, sejak kecil ia memang sudah memimpikan bisa go internasional lewat kegemarannya dalam Matematika. Dia bahkan berjanji kepada orang tuanya untuk mewujudkan mimpinya itu. “Saya belajar dan belajar. Sebab saya yakin bisa jalan-jalan di luar negeri kalau saya pintar,” katanya.

Berkat kemampuannya, impiannya terkabul. Saat tampil sebagai perwakilan Indonesia, dia tak sedikit pun gugup atau takut ketika berlaga di grand final. Ketika itu, duduk bersama dengan ratusan perwakilan dari 10 negara di dunia. Dia adalah salah satu perwakilan dari Indonesia dari 357 peserta yang diutus untuk semua jenjang mulai TK sampai SMA.

“Saya santai saja mengerjakan soal-soal. Ternyata yang saya pelajari selama ini banyak yang muncul. Banyak juga soal-soal di luar pelajaran SMP, tapi saya bisa menjawab karena saya sudah pelajari sendiri,” jawab anak berwajah tampan itu. Bangganya lagi, ternyata Adrian sudah menyiapkan diri dengan baik untuk mengikuti olimpiade internasional itu.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top