Sri Mulyani Pastikan Keuangan Indonesia Normal – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

Sri Mulyani Pastikan Keuangan Indonesia Normal

Menteri Keuangan Sri Mulyani di acara Bank Mandiri, beberapa waktu lalu. Foto: Jawa Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah memasikan kondisi sektor keuangan Indonesia saat ini dalam posisi normal. Hal itu berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian terhadap perkembangan moneter, fiskal, makroprudensial, sistem pembayaran, pasar modal, pasar Surat Berharga Negara (SBN), perbankan, lembaga keuangan non bank dan penjamin simpanan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, stabilitas sistem keuangan ditopang oleh fundamental ekonomi yang terjaga baik seperti deflasi harga pangan, inflasi pada masa lebaran yang relatif rendah dibandingkan tahun sebelumnya, peningkatan jumlah rekening simpanan yang signifikan serta penerimaan perpajakan pada semester I yang relatif stabil.

“Jadi hal yang sifatnya positif adalah ekonomi tetap berjalan baik. kondisi sektor keuangan dalam posisi normal stabil,” ucapnya di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (27/7).

Namun demikian, gangguan dari faktor eksternal maupun internal harus tetap diwaspadai. Dari sisi eksternal, perkembangan rencana lanjutan kenaikan Fed Dund Rate dan pengurangan besaran neraca bank sentral Amerika Serikat (AS) serta faktor geopolitik ditambah harga komoditas harus diwaspadai.

“Serta kondisi di Asia terutama kondisi perekonomian terbesar ke dua yaitu RRT,” kata dia.

Sementara dari dalam negeri, pemerintah mencermati indikasi dari kegiatan ritel yang kurang sesuai dengan harapan, dampak penyesuaian harga listrik 900 VA serta pertumbuhan kredit dan risiko kredit yang masih perlu menjadi perhatian.

“Dan kita juga perlu lihat daya beli masyarakat walau dalam hal ini inflasinya cukup rendah kalau dibandingkan lebaran tahun lalu,” pungkasnya.(JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top