Perda Masih Proses Registrasi, Jumlah Tunjangan Anggota DPRD Kendari Belum Ditetapkan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Perda Masih Proses Registrasi, Jumlah Tunjangan Anggota DPRD Kendari Belum Ditetapkan

KENDARIPOS.CO.ID — Penghasilan anggota DPRD Kota Kendari dipastikan akan bertambah. Hal itu sudah sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD yang resmi ditetapkan 2 Juni lalu.

Dalam PP 18 itu disebutkan, anggota dan pimpinan yang belum mendapatkan kendaraan dan rumah dinas maka akan diberikan tunjangan. Soal jumlahnya, disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Hanya saja, PP tersebut masih harus dijabarkan lagi ke dalam peraturan daerah (Perda). Untuk Kota Kendari, Perda kenaikan tunjangan sudah ditetapkan bahkan saat ini tengah diregistrasi di DPRD Provinsi Sultra. Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kota Kendari, Samsudin Rahim.

Kata dia, belum dijabarkan besaran kenaikan tunjangan anggota dan pimpinan DPRD, baik tunjangan reses, komunikasi, kendaraan dan rumah dinas. “Kita belum bahas berapa kenaikannya. Kita lihat dulu kondisi keuangan daerah,” ujar Samsudin Rahim, Jumat (28/7).

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari, Susanti membenarkan belum ada ketetapan besaran tunjangan anggota dewan. Setelah Perda diregistrasi maka kenaikan tunjangan akan dijabarkan lagi lebih teknis dalam Peraturan Wali (Perwali) Kota Kendari. “Masih akan dibahas lagi dalam Perwali nanti,” ujar Susanti.

Sebelum dijabarkan dalam Perwali, Pemkot menunggu usulan kenaikan dari DPRD. Prosedurnya, pihak Sekretariat DPRD Kota Kendari membuat besaran kenaikan tunjangan dan diajukan ke Pemkot. “Setelah itu, kami akan kaji usulan DPRD. Apakah besaran yang diusulkan sesuai dengan kondisi keuangan atau tidak. Itu akan kita bahas bersama lagi,” tambah Susanti.

Perwali yang ditetapkan nantinya menjadi dasar hukum penganggaran tunjangan dewan. “Tetapi kemungkinan besar baru akan berlaku awal 2018. Soalnya, proses pembahasan hingga penetapannya butuh waktu,” pungkas Susanti. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top