Pembangunan Talud Sungai Wanggu, BPBD Usul Anggaran Rp 40 Miliar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Pembangunan Talud Sungai Wanggu, BPBD Usul Anggaran Rp 40 Miliar

Sungai Wanggu di Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi Sultra melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membidik anggaran tanggap bencana dari pemerintah pusat. Tak tanggung-tanggung nilai yang diusul cukup tinggi yakni sebesar Rp 40 miliar. Dana itu diusul untuk pembangunan talud Sungai Wanggu.

Pasalnya, kawasan sepanjang Sungai Wanggu itu kerap meluap, akibatnya banjir menyasar rumah-rumah warga di sekitarnya. Boy Ihwansyah, Kepala BPBD Sultra mengaku dirinya masih menunggu tim pusat yang akan meninjau lokasi di Sungai Wanggu. Soal waktunya, Boy belum bisa memastikan.

Boy optimis tim dari pemerintah pusat akan turun dalam waktu dekat sebab dana yang diusul itu bukan pada APBN tahun 2018, melainkan dana kontigensi pusat yang sudah siap anggarannya. “Sudah kita masukan, totalnya Rp 40 Miliar. Memang besar anggarannya, karena ini untuk talud Sungai Wanggu yang panjangnya berkilo-kilo meter,” ujar Boy Ihwansyah, Jumat (18/7).

Boy menambahkan banyak titik daerah rawan banjir namun paling parah adalah kawasan Sungai Wanggu. Sehingga titik itu menjadi prioritas. Bahkan bukan hanya dimata Pemprov namun juga bagi Komisi V DPR RI yang pernah menyambangi kawasan itu pasca banjir Mei lalu. “Memang kalau mau hitung titiknya ada banyak termasuk di kabupaten-kabupaten, hanya memang persoalan anggaran ini selalu jadi kendala utama,” ungkapnya.

Lebih lanjut Boy menerangkan jika kondisi Sungai Wanggu memang semakin sempit. Selain karena sedimen, banyak warga yang bermukim di sempadannya. Bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi maka debitnya tak akan mampu ditampung lagi. Imbasnya air meluap. Salah satu solusinya adalah membuat talud agar daya tampung airnya semakin besar. “Sudah kita identifikasi penyebab banjir beberapa waktu lalu. Solusinya kita harus buat talud,” tandasnya.

Sebelumnya, anggota DPR RI Ridwan Bae yang datang bersama rombongan beberapa waktu lalu berjanji akan mengawal usulan itu hingga ke kementerian terkait. Menurutnya, sudah menjadi tugasnya sebagai wakil rakyat Sultra untuk memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan daerah. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top