Mahasiswa KKN FK dan FMIPA UHO Berikan Penyuluhan di Ranomeeto Barat – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Mahasiswa KKN FK dan FMIPA UHO Berikan Penyuluhan di Ranomeeto Barat

Wa Ode Ismawati/Kendari Pos
Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan FMIPA Universitas Halu Oleo yang mengikuti KKN-PPM bersama murid-murid SDN 6 Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan, Kamis (27/7)

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah mahasiswa dari Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Matematika IPA (FMIPA) pada Universitas Halu Oleo (UHO) mengikuti Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN- PPM) 2017. Praktik lapangan ini, berlangsung di Desa Abeko Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan.

Salah satu agenda yang berlangsung pada Kamis (27/7) lalu adalah pemeriksaan golongan darah, tes buta warna, dan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN 6 Ranomeeto Barat.

Ketua kegiatan, Andi Ilmansyah, saat membuka acara mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu dari beberapa agenda yang ditetapkan dalam rangka KKN PPM 2017. “KKN ini mengusung tema peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” katanya.

Kegiatan diawali dengan pemasangan instalasi pipa air oleh mahasiswa, dilanjutkan dengan Penyuluhan PHBS oleh dosen kepada murid kelas 1 sampai 6. Para murid pun mengikuti tes buta warna, dan pemeriksaan golongan darah. Dari kegiatan tersebut diperoleh dua orang murid terindikasi buta warna dan 50 orang murid telah diketahui golongan darahnya.

Kepala SDN 6 Ranomeeto Barat, Sur Eli Saripin, S.Pd., menyambut gembira kegiatan yang melibatkan mahasiswa FK dan FMIPA tersebut. “Saya berharap semua murid dapat diperiksa golongan darahnya,” ujarnya.

Menanggapi harapan kepala sekolah tersebut, Koordinator KKN PPM 2017, Sapto Raharjo siap memeriksa golongan darah sekaligus memberikan pengobatan pada para murid di Balai Desa Abeko, Minggu (30/7) mendatang. “Bagi murid yang berkeinginan mengetahui golongan darahnya, silahkan datang di acara kami di Balai Desa Abeko, ” katanya. (ima/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top