40 Warga Sultra Ingin Pindah ke Luar Angkasa, Terbanyak Warga Kendari – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

40 Warga Sultra Ingin Pindah ke Luar Angkasa, Terbanyak Warga Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Pernahkah anda menonton film The Passenger? Film bertema fiksi sains dan romantisme yang dirilis akhir 2016 lalu itu menceritakan tentang perjalanan ke luar angkasa menuju sebuah planet baru bernama Homestead II. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 120 tahun. 5000 penumpang di dalam pesawat harus dihibernasi dengan kapsul tidur yang telah dipersiapkan.

Dalam film itu, Homestead II digambarkan sebagai tempat yang indah, tenang, dan hijau. Personifikasi surga yang dijanjikan Tuhan coba divisualisasikan di tempat tujuan itu. Kisah ini, memang tampak seperti sebuah mimpi. Tapi bagaimana bila benar-benar ada yang mencoba mewujudkannya dan mengajak anda bergabung, terbang ke luar angkasa, membentuk koloni sendiri termasuk membangun struktur sosial yang baru?

Ya, sebentar lagi negara pertama di antariksa akan terbentuk dengan nama Asgardia. Negara tersebut memang dikhususkan untuk orang-orang yang menjadi warganya. Adalah ilmuwan Rusia, Dr Igor Ashurbeyli yang merupakan pencetus untuk membentuk negara ini. Ia mengumumkan rencananya pada Oktober 2016 lalu. Asgardia terbuka untuk semua penduduk Bumi, bahkan tidak perlu biaya apapun untuk turut bergabung.

Dari berbagai literatur disebutkan bahwa Asgardia adalah tempat untuk “masyarakat damai”, misalnya terhindari dari ancaman seperti asteroid ataupun puing-puing buatan manusia. Tidak ada perang di sana, apalagi konflik politik. “Sebagai manusia, saya berharap bila kita memiliki cara hidup yang lain. Untuk kehidupan yang lebih baik dan banyak pilihan,” ungkap Ashurbeyli seperti dikutip dari CNN, Kamis (27/7) lalu.

Sekarang, ratusan ribu orang yang telah melamar di situs iut telah diverifikasi oleh Asgardia. Ketika Kendari Pos melongok ke situs resmi “negara” baru ini kemarin (28/7) pukul 13.15 Wita, di asgardia.space, ternyata sudah ada 282.427 yang melamar jadi penduduk negara luar angkasa itu. Mereka berasal dari 226 negara di berbagai belahan Bumi. Warga Indonesia menjadi negara terbanyak keempat yang mendaftar, mencapai 11.363 orang. sedangkan Turki memuncaki daftar peminat, yakni 42.115 orang.

Yang mengejutkan, diantara belasan ribu rakyat Indonesia yang ingin ke asgadria itu, 40 diantaranya adalah warga Sultra. 32 dari Kota Kendari, 3 dari Baubau, serta masing-masing 1 dari Kolaka Timur, Buton, Muna, Kolaka dan dari Konawe Utara. Di Kendari, mayoritas yang ingin ke luar angkasa itu adalah pria yang mencapai 91 persen. Di Baubau, dua diantaranya adalah perempuan.

Kendari Pos kemudian mencoba menelusuri identitas para pendaftar itu. Agak sulit memang karena rata-rata tidak menginput alamat lengkap, hanya mencantumkan emailnya ke laman asgardia. Tapi, setelah berbagai usaha, dua peminat negara luar angkasa itu bisa dikontak. Mereka adalah Aryo Wira Setiawan dan Daus. “Siapa tahu kehidupan di sana (asgardia) lebih baik. Kenapa tidak dicoba,” kata Aryo, seorang pria yang tinggal di Mandonga, Kendari, ketika dihubungi lewat ponselnya, kemarin.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top