Waspada ! Adu Domba Intelijen Asing – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Waspada ! Adu Domba Intelijen Asing

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI-Komando Distrik Militer (Kodim) 1417 Kendari meminta masyarakat mewaspadai kerja-kerja intelijen asing dalam upaya memecah belah bangsa Indonesia. Modusnya, paling sering intelijen asing menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi berisi ujaran kebencian ataupun berita berkonten adu domba.

Hal itu disampaikan, Mayor Infanteri Muhammad Kamil BC, mewakili Komandan Kodim 1417 Kendari dalam dialog kebangsaan V yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari, Kamis (27/7). “Jadi sekarang itu di media sosial banyak berita hoax yang disebar. Adakalanya foto kitab suci diinjak, dibakar, ataupun pernyataan menyesatkan dari satu pihak ke pihak lain yang kebenarannya tidak jelas. Padahal itu sesungguhnya kerja intelijen asing untuk memecah belah kita. Tujuannya biar kita hancur, bangsa kita saling memerangi,” ujarnya.

Padahal umumnya berita provokatif yang beredar tidak lebih dilatarbelakangi dengan motif ekonomi oknum tertentu. “Ujung-ujungnya mereka mau mengambil kekayaan kita. Jadi kami minta masyarakat, jika ada berita begitu, mari mengutamakan klarifikasi dan jangan mudah menyebarkan berita seperti itu,” ungkap Mayor Infanteri Muhammad Kamil.

Sementara itu, Sekretaris Kota Kendari, Alamsyah Lotunani menyampaikan, ketahanan bangsa dapat diciptakan dengan melestarikan budaya lokal. Selain itu, terjaminnya kesejahteraan masyarakat dan keadilan sosial yang merata, sesungguhnya fondasi terkuat kesatuan bangsa Indonesia.

“Pemkot juga punya komitmen soal itu. Kami berupaya menciptakan pembangunan yang baik, pelayanan yang prima dan pemerintahan yang stabil. Kota Kendari konsisten membangun smart city, spiritual dan green city untuk kesejahteraan masyarakat. Dengan itu, masyarakat kita bisa aman dari perpecahan dan adu domba,” beber Alamsyah Lotunani.

Sementara itu, pembicara dari Kejaksaan Tinggi Sultra dan Polres Kendari menyampaikan dukungan dan komitmennya dalam meningkatkan pengawasan keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Kendari. Pelaksanaan pembangunan dan jalannya pemerintahan juga menjadi fokus pengawasan.

Kepala Kesbangpol Kota Kendari, Ridwansyah Taridala menegaskan komitmennya akan meningkatkan koordinasi dengan institusi lain dan juga kelompok masyarakat untuk menekan paham menyimpang berkembang di masyarakat. “Kita pantau terus perkembangan masyarakat. Apakah ada ideologi sesat, itu pasti kita awasi,” imbuhnya.

Dialog tersebut dihadiri puluhan aktivis dari berbagai macam organisasi masyarakat (Ormas), pemerintah dan forum kerukunan umat beragama (FKUB). (m1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top