Mulai Sadar, Disdukcapil di Wakatobi Cetak 500 e-KTP Selama Tiga Hari – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Wakatobi

Mulai Sadar, Disdukcapil di Wakatobi Cetak 500 e-KTP Selama Tiga Hari

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
Kadisdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim (kanan) saat berinteraksi dengan warga yang datang mengurus KTP.

KENDARIPOS.CO.ID — Animo masyarakat untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Wakatobi semakin meningkat. Dalam sehari, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wakatobi mencetak lebih dari seratus keping. Bahkan tiga hari terakhir, lembaga itu mencetak hingga 500 keping e-KTP. Pemicunya, masyarakat suku Bajo dari Mola Raya mulai mengurus identitas diri masing-masing. Padahal sebelumnya, warga suku Bajo biasa mengandalkan kepala desa setempat untuk pengurusan identitas dan dokumen lainnya.

“Alhamdulillah, akhir-akhir ini kesadaran masyarakat akan pentingnya mengurus dokumen kewarganegaraan sudah meningkat. Khususnya saudara kita dari suku Bajo di Mola Raya berbondong-bondong mendatangi kantor. Tiga hari ini sudah 500 keping blangko,” ujar Kadisdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim, kamis(27/7).

Pelayanan pun harus ditingkatkan. Untuk mengantisipasi antrean panjang, Abdul Rahim harus turun langsung melayani masyarakat. Ia bahkan berbaur dengan staf di ruang pelayanan. “Kalau di ruang pelayanan hanya satu staf yang mengurus dokumen. Jadi karena akhir-akhir ini mulai padat, saya merasa harus terlibat langsung agar antrean tidak terlalu banyak dan yang menunggu juga tak lama,” beber Rahim.

Ia menambahkan, blangko yang baru diterima beberapa hari lalu dari pusat sebanyak 2.000 keping sudah hampir habis. Ia memprediksi tidak cukup tiga minggu blangko e-KTP harus dipesan kembali. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top