Konsel Menata Ibu Kota, Terminal Baru Dibangun Lagi – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe Selatan

Konsel Menata Ibu Kota, Terminal Baru Dibangun Lagi

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Lokasi pembangunan terminal tipe B di Palangga, Konsel yang sementara dibenahi.

KENDARIPOS.CO.ID — Penataan kawasan ibu kota di Konawe Selatan (Konsel) mulai direalisasikan perlahan. Salah satu yang dibenahi adalah infrastruktur terminal angkutan. “Kita memang berencana membangun terminal di tempat strategis. Rencananya di Desa Sangi-sangi, Kecamatan Palangga. Selama ini tempat naik turun penumpang yang hendak menggunakan jasa angkutan umum memang tidak jelas,” kata Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga.

Konsel-1 tersebut mengungkapkan, pembangunan terminal tipe B tersebut sangat dibutuhkan. “Apalagi Palangga ini kami canangkan sebagai pusat pertumbuhan perekonomian kota. Di sana sudah ada pasar, tinggal dimaksimalkan,” sambungnya. Upaya tersebut mulai terlihat dengan adanya aktivitas penggusuran lahan di sekitar kawasan seluas 1,8 hektare.

Kabag Pemerintahan Setkab Konsel, Irwan Silondae yang ditemui juga mengungkapkan, terminal tersebut dianggarkan Dishub Provinsi Sulawesi Tenggara. “Pembangunan terminal tipe B ini bertahap. Untuk tahap pertama dianggarkan Rp 4 miliar. Kalau dari kabupaten hanya menyiapkan lahan,” jelasnya, kamis(27/7).

Irwan mengaku, pihaknya sudah melakukan pembebasan lahan tersebut dengan mengalokasikan anggaran sekitar Rp 800 juta. “Soal pengelolaannya nanti akan dibuat nota kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi,” sambungnya. Yang pasti, rencana tersebut adalah salah satu upaya bupati dalam menata ibu kota kabupaten agar memiliki titik terminal.

“Selama ini Terminal Andoolo yang sudah dibangun itu tak dimanfaatkan karena ada kekeliruan penempatan. Kita berharap dengan letak terminal pada lokasi strategis, semua angkutan umum bisa bongkar atau transit di terminal tipe B tersebut,” tandasnya. Pantauan koran ini, sebenarnya ada sejumlah terminal yang telah dibangun di Konsel seperti di Ngapaaha, Kecamatan Tinanggea, di Andoolo, di Desa Alangga, termasuk Terminal Ranomeeto yang hingga saat ini belum dioperasikan maksimal. Padahal Terminal Ranomeeto harusnya dapat berfungsi baik dan bisa menambah pendapatan asli daerah karena berada di sekitar pasar. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top